RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM TINGKAT
SATUAN PENDIDIK
Sekolah :SMP
Mata Pelajaran :Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester :VIII/1
Alokasi Waktu
: 3 X 40 menit
A.
Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat memahami
pengertian dan huruf Qalqalah, menjelasakan pengertian
B.
Standar Kompetensi:
Menerapkan hukum bacaan Qalqalah,
Lam dan Ra
C.
Kompetensi Dasar
Menjelaskan hukum bacaan
Qalqalah, Lam dan Ra tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra serta
membedakan tafkhim dan tarqiq baik pada lam maupun ra'.
D.
Indikator :
1. Menjelaskan pengertian Qalqalah
2. Menyebutkan huruf-huruf
Qalqalah
3. Menunjukkan lafaz yang mengandung bacaan qalqalah
4. Menjelasakan pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra
5. Menjelasakan pengertian lafdzu jalalah
6. Membedakan lam dan ra' merupakan bacaan tafkhim atau tarqiq
E.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian Qalqalah
2. Huruf-huruf Qalqalah
3. Lafaz yang mengandung bacaan qalqalah
4. Pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan raLafdzu jalalah
5. Perbedaan bacaan tafkhim atau tarqiq pada lam dan ra'.
F.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
CTL
G.
Sumber Belajar
1. Buku PAI
Kelas VIII Tim Abdi Guru Penerbit Erlangga
2. LKS MGMP
PAI SMP
3. Mushaf
Al-Quran
H.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1. Guru
memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
2. Guru memilih
beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata
untuk menjadi tutor sebaya.
3. Guru membagi
siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan
tutor sebaya dalam setiap kelompok.
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
1.
Guru
memerintahkan siswa agar membaca surat yang di dalamnya terdapat kandungan
hokum bacaan tajwid tafkhim dan tarqiq
pada huruf lam dan ra’
b.
Elaborasi
1. Guru
menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan
ra’.
2. Siswa
berdiskusi untuk mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan lafaz-lafaz yang
mengandung bacaan tafkhim dan tarqiq.
c.
Konfirmasi
1.
Tutor sebaya menyampaikan kesulitan-kesulitan yang
dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator .
|
100 menit
|
3.
|
Penutup
1.
Guru dan peserta didik merefleksikan proses pembelajaran.
2.
Mengadakan
evaluasi
3.
Menyampaikan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan secara kelompok
4.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10
enit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik
Tes tertulis
2.
Bentuk
Instrumen
Tes uraian
Tes isian
3.
Instrumen
1.
Jelaskan pengertian
qalqalah!
2.
Sebutkan huruf-huruf
qalqalah!
3.
Jelaskan pengertian
tafkhim !
4.
Jelakan pengertian tarqiq
5.
Apakah yang dimaksud lam
jalalah!
Isilah dengan
jawaban yang tepat !
a
TAFKHIM =
Jika lafaz mengandung bacaan tafkhim
a
TARQIQ =
Jika lafaz mengandung bacaan tarqiq
عَذَابُ اللهِ
|
خَزَائِنُ
اللهِ
|
أَلَيْسَ اللهُ
|
مِنْ دُونِ اللهِ
|
قُلِ اللهُ
|
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
5.
|
كَرْبٍ
|
فِرْعَوْنَ
|
زُرْتُمُ
|
وَالْفُرْقَانَ
|
وَاْلأَرْضُ
|
6.
|
7.
|
8.
|
9.
|
10.
|
Skor
penilaian :
Skor perolehan
Nilai = x 100
Skor Maksimal
Semarang, Juli 2006
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
No comments:
Post a Comment
tinggalkan komentar ^^