PERBANDINGAN
KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI, KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIK, KURIKULUM
2013
NO
|
KBK
|
KTSP
|
KURIKULUM 2013
|
1
|
Standar
Isi diturunkan dari Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran
|
Standar
Isi ditentukan terlebih dahulu melaui Permendiknas No 22 Tahun 2006. Setelah
itu ditentukan SKL (Standar Kompetensi Lulusan) melalui Permendiknas No 23
Tahun 2006
|
SKL (Standar Kompetensi
Lulusan) ditentukan terlebih dahulu, melalui Permendikbud No 54 Tahun 2013.
Setelah itu baru ditentukan Standar Isi, yang bebentuk Kerangka Dasar
Kurikulum, yang dituangkan dalam Permendikbud No 67, 68, 69, dan 70 Tahun
2013
|
2
|
Aspek kompetensi lulusan lebih
menekankan pada aspek pengetahuan
|
Aspek
kompetensi lulusan lebih menekankan pada aspek pengetahuan
|
Aspek kompetensi lulusan ada
keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi
sikap, keterampilan, dan pengetahuan
|
3
|
Alokasi
waktu pada setiap pertemuan lebih banyak agar materi yang di ajarkan juga
lebih banyak
|
Jumlah
jam pelajaran lebih sedikit dan jumlah mata pelajaran lebih banyak dibanding
Kurikulum 2013
|
Jumlah jam pelajaran per minggu
lebih banyak dan jumlah mata pelajaran lebih sedikit dibanding KTSP
|
4
|
Standar
Kompetensi Lulusan diturunkan dari Standar Isi
|
Standar Kompetensi Lulusan diturunkan
dari Standar Isi
|
Standar
Kompetensi Lulusan diturunkan dari kebutuhan masyarakat
|
5
|
Pemisahan
antara mata pelajaran pembentuk sikap, pembentuk keterampilan, dan pembentuk pengetahuan
|
Pemisahan antara mata pelajaran
pembentuk sikap, pembentuk keterampilan, dan pembentuk pengetahuan
|
Semua
mata pelajaran harus berkontribusi terhadap pembentukan sikap, keterampilan,
dan pengetahuan,
|
6
|
Kompetensi
diturunkan dari mata pelajaran
|
Kompetensi diturunkan dari mata
pelajaran
|
Mata
pelajaran diturunkan dari kompetensi yang ingin dicapai
|
7
|
Mata
pelajaran lepas satu dengan yang lain, seperti sekumpulan mata pelajaran
terpisah
|
Mata pelajaran lepas satu dengan yang
lain, seperti sekumpulan mata pelajaran terpisah
|
Semua
mata pelajaran diikat oleh kompetensi inti (tiap kelas)
|
8
|
Pengembangan
kurikulum sampai pada silabus
|
Pengembangan kurikulum sampai pada komptensi
dasar
|
Pengembangan
kurikulum sampai pada buku teks dan buku pedoman guru
|
9
|
Tematik
Kelas I dan II (mengacu mapel)
|
Tematik Kelas I-III (mengacu mapel)
|
Tematik
integratif Kelas I-VI (mengacu kompetensi)
|
10
|
Penilaiannya lebih dominan pada
aspek pengetahuan
|
Penilaiannya
lebih dominan pada aspek pengetahuan
|
Standar penilaian menggunakan
penilaian otentik, yaitu mengukur semua kompetensi sikap, keterampilan, dan
pengetahuan berdasarkan proses dan hasil.
|
No comments:
Post a Comment
tinggalkan komentar ^^