RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI
Nama
Sekolah
: SMP
Mata
Pelajaran
: Pendidikan Agama Islam
Kelas
:
VII
Semester
: 1 ( satu )
Alokasi
Waktu
: 2x 35 menit
A. Standar
Kompetensi
Menerapkan
hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra
B. Kompetensi
Dasar
Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah,
Lam dan Ra tafkhim dan tarqiq pada huruf lam
dan ra serta membedakan tafkhim dan tarqiq baik pada lam maupun ra'.
C. Indikator
1. Menjelaskan pengertian Qalqalah
2. Menyebutkan huruf-huruf Qalqalah
3. Menunjukkan lafaz yang mengandung
bacaan qalqalah
4. Menjelasakan pengertian tafkhim dan
tarqiq pada huruf lam dan ra
5. Menjelasakan pengertian lafdzu jalalah
6. Membedakan lam dan ra' merupakan
bacaan tafkhim atau tarqiq
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Pengertian Qalqalah
2. Huruf-huruf Qalqalah
3. Lafaz yang mengandung bacaan qalqalah
4. Pengertian tafkhim dan tarqiq pada
huruf lam dan raLafdzu jalalah
5. Perbedaan bacaan tafkhim atau tarqiq
pada lam dan ra'.
E. Materi
Ajar
1.
Pengertian Qalqalah
2.
Huruf-huruf Qalqalah
3.
Lafaz yang mengandung bacaan qalqalah
4.
Pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf
lam dan raLafdzu jalalah
5.
Perbedaan bacaan tafkhim atau tarqiq pada
lam dan ra'.
F. Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya
jawab
3.
CTL
G.
Alat/Sumber Belajar
1.
Buku PAI Kelas VIII Tim
Abdi Guru Penerbit Erlangga
2.
LKS MGMP PAI SMP
3.
Mushaf Al-Quran
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1.
Guru
memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
2.
Guru memilih
beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata
untuk menjadi tutor sebaya.
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
a.
Eksplorasi
1.
Guru
memerintahkan siswa agar membaca surat yang di dalamnya terdapat kandungan
hokum bacaan tajwid tafkhim dan tarqiq
pada huruf lam dan ra’ bersama-sama
b.
Elaborasi
1.
Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan tafkhim dan
tarqiq pada huruf lam dan ra’.
2.
Guru memberikan contoh-contoh bacaan tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan
ra’.
3.
Guru memberikan pertanyaan tentang bacaan tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan
ra’.
c.
Konfirmasi
1.
Guru
meluruskan hokum bacaan tajwid tafkhim
dan tarqiq pada huruf lam dan ra’ dengan baik dan benar.
|
100 menit
|
3.
|
Penutup
1.
Guru dan peserta didik merefleksikan proses pembelajaran.
2.
Mengadakan evaluasi
3.
Menyampaikan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan secara kelompok
4.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10
enit
|
I. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
Tes uraian
Tes isian
3. Instrumen
1.
Jelaskan
pengertian qalqalah!
2.
Sebutkan
huruf-huruf qalqalah!
3.
Jelaskan
pengertian tafkhim !
4.
Jelakan
pengertian tarqiq
5.
Apakah
yang dimaksud lam jalalah!
Isilah dengan jawaban yang tepat !
a TAFKHIM = Jika lafaz mengandung bacaan tafkhim
a TARQIQ = Jika lafaz mengandung bacaan
tarqiq
عَذَابُ اللهِ
|
خَزَائِنُ اللهِ
|
أَلَيْسَ اللهُ
|
مِنْ دُونِ اللهِ
|
قُلِ اللهُ
|
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
5.
|
كَرْبٍ
|
فِرْعَوْنَ
|
زُرْتُمُ
|
وَالْفُرْقَانَ
|
وَاْلأَرْضُ
|
6.
|
7.
|
8.
|
9.
|
10.
|
Skor penilaian :
Skor perolehan
Nilai = x 100
Skor Maksimal
Mengetahui
Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
No comments:
Post a Comment
tinggalkan komentar ^^