RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM 2013
Nama Sekolah : SMP
NEGERI 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VII/1
A.Materi Pokok : Cinta
Ilmu Pengetahuan
B. AlokasiWaktu : (3 x 45 menit)
C. TujuanPembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran diharapkan peserta didik mampu:
1. Membaca dan mengartikan Qur’an surat
Ar-Rahman ayat 33
2.
Menyimpulkan Isi
kandungan Qur’an surat Ar-Rahman
ayat 33
3.
Menyebutkan
tokoh-tokoh ilmuwan muslim minimal 5 orang serta memiliki sikap mencintai ilmu
pengetahuan
D. Kompetensi Dasar
1. Menghayati Al-Qur'an
sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman.
2. Membaca surat
Ar-Rahman ayat 33 dengan tartil
3. Menunjukkan hafalan surat
Ar-Rahman ayat 33 dengan lancar.
4. Memahami isi kandungan surat
Ar-Rahman ayat 33 serta hadis yang terkait
tentang menuntut ilmu.
5. Menghargai perilaku
semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari surat Ar-Rahman ayat 33
E. Indikator PencapaianKompetensi
1. Menjelaskan hukum bacaan
mad dalam surat Ar-Rahman
ayat 33 dengan benar.
2. Mendemontrasikan bacaan surat
Ar-Rahman ayat 33 dengan tartil.
3. Melafalkan hafalan surat
Ar-Rahman ayat 33 dengan lancar.
4. Menyebutkan arti surat
Ar-Rahman ayat 33 serta hadis tentang
menuntut ilmu.
5. Menjelaskan makna isi
kandungan surat Ar-Rahman
ayat 33
6. Menampilkan contoh
perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi surat
Ar-Rahman ayat 33
F. Materi Pembelajaran
1.
Hukum
Bacaan Mad
a. Pengertian Hukum Bacaan
Mad
b. Macam-Macam Hukum Bacaan Mad
2.
Identifikasi
Hukum Bacaan Mad dalam surat Ar-Rahman ayat 33
3.
Bacaan
Al Quran surat Ar-Rahman
ayat 33
G. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Scientific
2.
Model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning
dan Direct Instruction Metode diskusi, drill, dan demontrasi
H.Media Pembelajaran
1.
Media
a.
Video
Pembelajaran
b.
CD Pembelajaran
Tajwid Interaktif
2.
Alat
a.
Komputer
b.
LCD Projector
Kartu
berpasangan (matching card) lafadz dan artinya.
I.SumberBelajar
1.
Kitab al-Qur’anul Karim dan terjemahnya, Depag RI
2.
Buku teks siswa
PAI SMP Kelas VII
3.
Buku lain yang memadai.
J.Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1.
Guru
mengucapkan salam dan meminta peserta salah satu peserta didik untuk memimpin
doa
2.
Guru
memeriksa kehadiran peserta didik
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
4.
Guru mengaitkan
materi pembelajaran dengan materi sebelumnya
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
1.
Peserta didik diminta untuk menyimak
tayangan LCD tentang bacaan Qur’an
Surat Ar-Rahman ayat 33 dan menirukan secara berulang-ulang
sampai lancar.
2.
Salah satu siswa diminta
menunjukkan bacaan Qur’an surat Ar-Rahman ayat 33, yang lain mencermati dan membenarkannya
jika terjadi kesalahan.
3.
Setelah bacaan siswa sudah
benar, selanjutnya siswa diminta berlatih mengartikan Qur’an surat Ar-Rahman ayat
33
b.
Menanya
1. Melalui pemberian motivasi dari guru peserta
didik diminta bertanya terkait dengan
bacaan Qur’an surat Ar-Rahman ayat 33 baik dari segi tajwid maupun artinya
2. Peserta didik yang lain memberikan
tanggapan
c.
Mengexplorasi
1.
Secara
berkolompok siswa diminta mendiskusikan untuk mengidentifikasi bacaan tajwid
yang terdapat dalam Qur’an surat Ar-Rahman ayat
33 dan menyimpulkan isi kandungan ayat tersebut.
2.
Di samping
mendiskusikan ayat di atas, siswa diminta mencari contoh ilmuwan Islam
minimal 5 tokoh yang menjadi berbagai disiplin ilmu.
d.
Asosiasi
1.
Anggota yang lain mengamati dan mendiskusikan
untuk memberi penilaian
2.
Memilih diantara anggota kelompok yang paling
bagus, fasih dan lancar untuk dijadikan model
3.
Memilih diantara temannya untuk menjadi
Presenter, sekretaris dan pengamat
e.
Komunikasi
1.
Menyampaikan
hasil diskusi tentang isi kandungan Qur’an surat tentang Ar-Rahman ayat 33 sekaligus menunjukkan bacaan yang benar.
2.
Secara
kelompok menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
3.
Peserta didik secara bergantian
mempraktikkan membaca surat Ar-Rahman ayat
33, dan menunjukkan arti ayat tersbut.
4.
Siswa
menyimpulkan hasil diskusi dan guru memberikan penguatan terhadap hasil
diskusi tersebut.
|
100 menit
|
3.
|
Penutup
1. Guru dan peserta didik merefleksikan proses pembelajaran.
2. Mengadakan evaluasi
3. Menyampaikan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan secara kelompok
4. Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
|
10 enit
|
K.Penilaian Hasil Pembelajaran
Jenis
Penilaian: Tes dan Non Tes.
Bentuk
penilaian tes: Soal Essay Terlampir.
Bentuk
Penilaian non tes: Penilaian Sikap dan unjuk kerja.
Rubrik Penilaian Sikap
dalam Mengikuti Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diamati
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
Aspek yang dinilai
1. Keaktifan
2. Kerjasama
3. Keberanian berpendapat
4. Keterbukaan terhadap pendapat orang lain
5. Sikap tanggung jawab
Skor
penilaian :
Skor perolehan
Nilai = x 100
Skor Maksimal
Kriteria Nilai
A = 80 – 100 : Baik
Sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60 – 69 : Cukup
D = ‹60 : Kurang
Rubrik
Penilaian Unjuk Kerja tentang Bacaan surat Ar-Rahman ayat 33
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Jumlah
Skor
|
|||
1
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
2
|
||||||
3
|
||||||
Dst.
|
Aspek yang dinilai:
a.
Kelancaran
1.
Jika peserta didik dapat membaca
surat Ar-Rahman dengan sangat
lancar nilai = 30
2.
Jika peserta didik dapat membaca surat Ar-Rahman lancar nilai = 20
3.
Jika peserta didik tidak lancar membaca surat Ar-Rahman = 10.
b.
Tajwidnya
1.
Jika peserta didik dapat membaca surat
Ar-Rahman dengan tartil = 30
2.
Jika peserta didik dapat membaca surat Ar-Rahman kurang tartil= 20
3.
Jika peserta didik tidak dapat membaca surat Ar-Rahman dengan tartil = 10.
c. Makhrajnya
1.
Jika peserta didik dapat membaca surat
Ar-Rahman dengan tartil = 30
2. Jika peserta
didik dapat membaca surat Ar-Rahman kurang tartil= 20
3. Jika peserta
didik tidak dapat membaca surat Ar-Rahman dengan tartil
Mengetahui,
Kepala SD.....
...............................................
NIP. ......................................
|
Surabaya,
27 Desember 2013
Guru
Mata Pelajaran PAI
NIP.
........................................
|
No comments:
Post a Comment
tinggalkan komentar ^^