WELCOME TO Hiel'S BLOGGER

Thursday, December 13, 2012

MENERAPKAN HUKUM MAD SHILAH DALAM SURAT AL-QORI’AH DAN AL-ZALZALAH

Waduh dah lama nih friend gak ngeblog lgi iya gk guys,,,
oke sobat kali ni daku pnya yang baru nih tentang contoh  makalah matkul  " MPAI  MTS ".  Ehm ni cma contoh buat yang copas boleh sih tpi di usahain jgn sama persis pling gak klian punya lah tambahan dari buku or dari blog lain. jadi klian gak cuma tergantung ma makalah ini. Oke cap cus klo gtu,,, Happy Reading,, :D

MENERAPKAN HUKUM MAD SHILAH DALAM SURAT AL-QORI’AH DAN AL-ZALZALAH
  1. A.      PENDAHULUAN
    1. 1.       Latar Belakang
Ketika membaca al Quran terdapat tata cara atau aturan mengenai kapan membaca suku kata dengan bacaan panjang dan kapan membaca pendek.[1] Ketentuan mengenai hukum bacaan panjang dan pendek disebut hukum bacaan mad. Selain itu juga diatur mengenai kapan harus berhenti dan kapan harus terus. Bentuk mad pun bermacam-macam akan tetapi penulis hanya akan membahas beberapa mad. Dengan kata lain, apabila seseorang membaca al Quran tidak memperhatikan bacaan panjang atau pendek, berhenti atau terus, maka dikhawatirkan dapat merubah arti ayat yang dibacanya. Bila hal ini terjadi, tentu mengurangi keutamaan dalam membaca al Quran.
  1. B.       PEMBAHASAN MASALAH
    1. 1.     Menerapkan Hokum Mad Shilah Dalam Surat Al-Qori’ah Dan Al-Zalzalah
      1. a.       Surat Al-Qori’ah
ÉOó¡Î0 «!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOŠÏm§9$#
èptãÍ‘$s)ø9$# ÇÊÈ $tB èptãÍ‘$s)ø9$# ÇËÈ !$tBur y71u‘÷Šr& $tB èptãÍ‘$s)ø9$# ÇÌÈ tPöqtƒ ãbqä3tƒ â¨$¨Y9$# ĸ#txÿø9$$Ÿ2 Ï^qèZ÷6yJø9$# ÇÍÈ ãbqä3s?ur ãA$t6Éfø9$# Ç`ôgÏèø9$$Ÿ2 Â\qàÿZyJø9$# ÇÎÈ $¨Br'sù ÆtB ôMn=à)rO ¼çmãZƒÎ—ºuqtB ÇÏÈ  uqßgsù ’Îû 7pt±ŠÏã 7puŠÅÊ#§‘ ÇÐÈ  $¨Br&ur ô`tB ôM¤ÿyz ¼çmãZƒÎ—ºuqtB ÇÑÈ  ¼çm•Bé'sù ×ptƒÍr$yd ÇÒÈ  !$tBur y71u‘÷Šr& $tB ÷mu‹Ïd ÇÊÉÈ î‘$tR 8puŠÏB%tn ÇÊÊÈ
Sesudah kita membaca surah Al-Qori’ah di atas ternyata hanya ada Satu ayat yang mengandung mad shilah.
Berikut penjelasannya:
MAD SHILAH

Shilah artinya bergabung.[2] Mad shilah ialah mad yang yang berlaku pada ha’ dhamir (kata ganti ) khususnya pada dhamir hu (هُ) dan hi (هِ) yang artinya dia. Letaknya selalu di akhir kalimat.
Contoh :
NoAyatHukumAlasan
1مَوَازِنُهُفَهُوَMad shilahSetelah haa’ dhamir terdapat huruf hidup
2مَوَازِنُهُفَأُمُّهُ هَاوِيَةٌMad shilahSetelah haa’ dhamir terdapat huruf hidup
3فَأُمُّهُهَاوِيَةٌMad shilahSetelah haa’ dhamir terdapat huruf hidup
Mad shilah terbagi menjadi dua macam[3] yaitu :
  • Mad Shilah Qashirah
Apabila ada haa’ dhamir (ضمير: ه ) yang berupa (ه) sedang sebelum haa’ ada huruf hidup (berharakat) maka hokum bacaannya di sebut : Mad shilah qashirah.[4]
Dan cara membacanya : harus panjang seperti mad thabii (dua harakat).[5]
Contoh:
أِنَّهُ كَانَ                                                        رَبِّهِ
وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ                                              وَ بِهِ
Perhatian : apabila sebelum haa dhamir tadi  huruf mati (sukun), atau apabila di hubungkannya dengan huruf yang lain sesudahnya, maka haa’ tadi tidak boleh di baca panjang.
Tidak boleh di baca mad (tidak di baca panjang ) pada هُ atauهِ   apabila :
  1. Didahului oleh huruf mati . contoh :
فِيْهِ                            مِنْهُ
Kecuali dalam surat al-furqan ayat 69 yaitu dalam kalimat
ô$é#øƒs†ur ¾ÏmŠÏù$ºR$ygãB
                Kata هِ dalam kata فِيْهِ tersebut, mesti di baca panjang walaupun huruf sebelumnya mati.
  1. هُ   Atau  هِ itu menghadapi huruf mati, ketika di baca bersambung dengan . الْ
Contoh :
لَهُالْملْكُ       وَلَهُالحَمْدُ
  • Mad Shilah Thawilah
Apabila ada mad shilah qashirah bertemu dengan hamzah (ء) maka hokum bacaannya disebut mad shilah thawilah[6]
Dan cara membacanya seperti mad jaiz munfashil.[7] Atau membacanya dua sampai lima harakat.[8]
Contoh:
 ÿ¼ã&s!$tB¼çnt$s#÷{r&
  çnöÏÿøótGó$#ur4¼çm¯RÎ)t 
Perhatian: alif yang berkharakat fathah, kasrah atau dhammahأَاِأُ)  itu juga disebut hamzah.
  1. b.       Surat Al-Zalzalah
ÉOó¡Î0 «!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOŠÏm§9$#
#sŒÎ) ÏMs9Ì“ø9ã— ÞÚö‘F{$# $olm;#t“ø9Η ÇÊÈ   ÏMy_t÷zr&ur ÞÚö‘F{$# $ygs9$s)øOr& ÇËÈ   tA$s%ur ß`»|¡RM}$# $tB $olm; ÇÌÈ   7‹Í´tBöqtƒ ß^Ïd‰ptéB $ydu‘$t7÷zr& ÇÍÈ   ¨br'Î/ š­/u‘ 4Óyr÷rr& $ygs9 ÇÎÈ   7‹Í³tBöqtƒ â‘߉óÁtƒ â¨$¨Y9$# $Y?$tGô©r& (#÷ruŽãÏj9 öNßgn=»yJôãr& ÇÏÈ   `yJsù ö@yJ÷ètƒ tA$s)÷WÏB >o§‘sŒ #\ø‹yz ¼çnttƒ ÇÐÈ   `tBur ö@yJ÷ètƒ tA$s)÷WÏB ;o§‘sŒ #vx© ¼çnttƒ [9]ÇÑÈ
Dan dalam surat Al-zalzalah ini tidak kita temukan hokum mad shilah.
Mad lazim mukhaffaf kilmi
Lazim artinya harus
Kilmi artinya kata
Jadi mad lazim mukhaffaf kilmi ialah adanya huruf mad yang di iringi atau di sambut oleh huruf mati. Apabila ada huruf mad thabii bertemu dengan huruf mati (sukun) maka hokum bacaan di sebut: Mad lazim mukhaffaf  kilmi. Contoh mad ini terdapat pada surat yunus ayat 51 dan ayat 91. Hokum atau cara membacanya dalah 3 alif atau 6 harakat. Bunyi kalimat tersebut adalah:
أَلآنَ
Artinya : adakah (baru) sekarang….?
Semula terdapat kata  أَلآنَ   yang artinya sekarang. Kemudian di tambah pada pangkalnya “hamzah istifham” atau kata Tanya (  أَ ) yang artinya “adakah” (  أألآنَ  )
Jadi sekarang beringanlah dua hamzah, yang terdiri dari hamzah istifham dan alif pada al-ana. Selanjutnya dua hamzah dijadikan satu menjadi   أَ. kemudian karena disambut dengan huruf mati, yaitu lam (  . الْ  )  itu, maka tibalah hokum mad lazim mukhaffaf kilmi.
Mad lazim mutsaqal kilmi
Mutsaqal artinya di beratkan
Jadi mad lazim mutsaqqal kilmi ialah apabila ada mad thabii bertemu dengan huruf bertasydid dalam satu kata Apabila ada mad thabii berrtemu dengan tasydid di dalam satu perkataan (kalimat) maka hokum bacaannya di sebut : Mad Lazim Mutsaqal Kilmi[10]
Hokum atau cara membacanya ialah 3 alif atau 6 harakat.
Ÿwur   tûüÏj9!$žÒ9$#
ÏM»¤ÿ¯»¢Á9$#ur
Mad Farq

Ada satu mad  yang di dalam al-quran hanya terdapat empat tempat, mad itu dinamakan Farq artinya berbeda. Mad farq ialah mad badal yang diiringi oleh huruf yang bertasydid. Di namakan mad farq untuk membedakan bahwa hamzah tersebut adalah hamzah untuk bertanya (apakah).[11] Dan mad ini di dalam al-quran hanya terdapat di empat tempat. Mad itu dinamakan[12] Mad Farq.
Hokum atau cara membacanya ialah 3 alif atau 6 harakat, seperti terdapat dalam ayat ini!
spuŠÏZ»yJrO 8lºurø—r& ( šÆÏiB Èbù'žÒ9$# Èû÷üuZøO$# šÆÏBur Ì“÷èyJø9$# Èû÷üuZøO$# 3 ö@è% ÈûøïtŸ2©%!!#uä tP§ym ÏQr& Èû÷üuŠs[RW{$# $¨Br& ôMn=yJtGô©$# Ïmø‹n=tã ãP%tnö‘r& Èû÷üuŠs[RW{$# ( ’ÎTqä«Îm7tR AOù=ÏèÎ/ bÎ) óûüÏ%ω»|¹OçGZà2 tÇÊÍÌÈ  z`ÏBur È@Î/M}$# Èû÷üuZøO$# šÆÏBur ̍s)t7ø9$# Èû÷üuZøO$# 3 ö@è% ÈûøïtŸ2©%!!#uä tP§ym ÏQr& Èû÷üu‹sVRW{$# $¨Br& ôMn=yJtGô©$# Ïmø‹n=tã ãP%tnö‘r& Èû÷üu‹sVRW{$# ( ÷Pr& óOçGYà2 uä!#y‰pkà­ øŒÎ) ãNà68¢¹ur ª!$# #x‹»ygÎ/ 4 ô`yJsù ÞOn=øßr& Ç`£JÏB 3“uŽtIøù$# ’n?tã «!$# $\/É‹Ÿ2 ¨@ÅÒã‹Ïj9 }¨$¨Z9$# ÎŽötóÎ/ AOù=Ïæ 3 ¨bÎ) ©!$# Ÿw “ωöku‰ tPöqs)ø9$# šúüÏJÎ=»©à9$# ÇÊÍÍÈ   [13]
ö@è% OçF÷ƒuäu‘r& !$¨B tAt“Rr& ª!$# Nä3s9 ÆÏiB 5-ø—Íh‘ OçFù=yèyfsù çm÷ZÏiB $YB#tym Wx»n=ymur ö@è% ª!!#uä šcÏŒr& öNä3s9 ( ôQr& ’n?tã «!$# šcrçŽtIøÿs? ÇÎÒÈ [14]
È@è% ߉ôJptø:$# ¬! íN»n=y™ur 4’n?tã ÍnÏŠ$t6Ïã šúïÏ%©!$# #’s"sÜô¹$# 3 ª!!#uä îŽöyz $¨Br& šcqä.ÎŽô³ç„ ÇÎÒÈ [15



[1] Abdul Djalal, Ulumul Qur’an ( Surabaya : DuniaIlmu , 2000 ), 5.
[2] Abdul Mujid Ismail, Pedoman Ilmu Wajib ( Surabaya: Karya Abditama,1995), 25.
[3] Abd.Wadud, Pendidikan Agama Islam  ( Semarang : PT.KaryaTohaPutra,  2012 ), 5.
[4] KH.Imam Zarkasyi, Pelajaran Tajwid ( Ponorogo : Trimurti Press, 1955), 18.
[5] Nasrullah ahmad mursyid, Membaca al-quran sebagaimana diturunkan  ( Surabaya : Duta Surya, 2010),  83.
[6] Nasrullah ahmad mursyid, Membaca , 90.
[7] KH Imam Zarkasyi, Pelajaran Tajwid  ( Ponorogo: Trimurti Press, 1955), 20.
[8] Abd.Wadud, Pendidikan, 7.
[9] QS. Al-Zalzalah : 1-8
[10] Sei H.dt.TombakAlam. Ilmu Tajwid, ( Jogjakarta:Bumi Aksara,1995 ) 22.
[11] Abd.Wadud , Pendidikan, 9.
[12] KH.Imam Zarkasyi, Pelajaran, 18.
[13] QS. Al-An’am : 143-144
[14] QS. Yunus : 59
[15] QS. An-Naml : 59

No comments:

Post a Comment

tinggalkan komentar ^^

Kepemilikan /Kata Ganti ضمير

 Dhomir Kepunyaan ( Dhomir Munfasil )   جَمْعٌ ‏مُثَنَّى ‏ مُفْرَدٌ ضمير هُمْ هُم...