Satuan
pendidikan : SMP
Mata pelajaran
Akhlak : Akhlak
Kelas : VII
Standar
Kompetensi : Membiasakan diri
mensyukuri nikmat Allah
Kompetensi Dasar : 1. Menjelaskan arti dan makna syukur
2. Memberikan contoh dan mempraktekkan prilaku mensyukuri
nikmat Allah dalam kehidupan
sehari-hari
Indikator :
1.
Siswa dapat menjelaskan arti dan makna syukur
2.
Siswa dapat menunjukkan dalil mensyukuri nikmat Allah
3.
Siswa dapat menunjukkan contoh prilaku mensyukuri nikmat Allah dalam
kehidupan sehari-hari.
4.
Siswa dapat menampilkan diri dengan prilaku mensyukuri
nikmat Allah dalam kehidupan
sehari-hari
A. Penilaian Tes
1. Tes obyektif
a) Multiple Choice
Indikator : Siswa dapat menjelaskan arti dan makna mensyukuri
nikmat Allah dalam kehidupan
sehari-hari
1.
Berterima kasih atas segala nikmat
dan rahmat Allah adalah termasuk sikap yang mencerminkan . . .
a. Taat pada Allah c. Musrik
- Mensyukuri nikmat Allah d. teguh pendirian
2.
Allah berjanji kepada siapa saja
yang mensyukuri nikmatnya. Ungkapan ini terdapat pada surat . . .
a.
Ibrahim : 7 c. Al-Kahfi : 102
b.
Al-Baqarah : 45 d. Al-kafirun : 2
3.
Berikut ini termasuk prilaku
mensyukuri nikmat Allah yang benar, kecuali.
. .
a.
Mengucap Hamdalah setelah menerima
rezeki
b.
Membuang makanan
c.
Menjalankan perintah Allah dan
menjauhi larangannya
d.
Memelihara alam dan tidak merusak
4. Apabila kita
mendapat rezeki, sebaiknya kita mengucapkan . . .
a.
Hamdalah c.
Astagfirullah
b.
Bismillah d. Naudzubillah
5.
Berikut ini adalah salah beberapa tahapan dalam mensyukuri nikmat Allah,
kecuali .. .
a.
Syukur dengan lisan
b.
Syukur dengan anggota badan
c.
Syukur dengan hati
d.
Syukur dengan hinaan
Penskoran
No.
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
B
|
2
|
2
|
A
|
2
|
3
|
B
|
2
|
4
|
A
|
2
|
5
|
D
|
2
|
|
Skor
maksimum
|
10
|
Setiap
bobot jawaban yang benar adalah 2
Nilai
= x 100
Hana dalam soal multiple choice
tersebut, ternyata dapat menjawab soal dengan benar sebanyak 4, berarti skor Hana adalah 8, maka nilai Hana adalah . . .
No.
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
C (SALAH)
|
0
|
2
|
A
|
2
|
3
|
B
|
2
|
4
|
A
|
2
|
5
|
D
|
2
|
|
Jumlah skor
|
8
|
|
Skor
maksimum
|
10
|
Nilai = x 100 = 80
a)
Menjodohkan
Indikator : Siswa dapat menunjukkan contoh prilaku mensyukuri nikmat Allah dalam
kehidupan sehari-hari
|
1.
Ucapan setelah mendapat rezeki . .
.
2.
Membung-buang makanan termasuk
sifat. . .
3.
Kita meningkatkan Ibadah termasuk syukur dengan. . .
4.
Kita mengucapkan hamdalah termasuk syukur dengan . ..
5.
Jika mengucapkan Hamdalah termasuk
sikap . . .
Penskoran
No.
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
E
|
2
|
2
|
C
|
2
|
3
|
D
|
2
|
4
|
A
|
2
|
5
|
B
|
2
|
|
Skor maksimum
|
10
|
Setiap
bobot jawaban yang benar adalah 2
Hana
dalam soal menjodohkan tersebut, ternyata dapat menjawab soal dengan benar
sebanyak 3, berarti skor Hana 6, maka nilai Hana adalah . . .
No.
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
E
|
2
|
2
|
D (SALAH)
|
0
|
3
|
C ( SALAH)
|
0
|
4
|
A
|
2
|
5
|
B
|
2
|
|
Jumlah skor
|
6
|
Nilai = x 100
Nilai = x 100 = 60
c)
Benar-Salah
Indikator : Siswa dapat menunjukkan contoh prilaku mensyukuri
nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari.
|
1. Mengucapkan hamdalah setelah makan…...
2. Boleh mencela ciptaan Allah.
3. Kita harus bersyukur setelah mendapat rezeki
4. Menghambur-hamburkan uang sifat baik
5. Merusak lingkungan di sekitar kita
Penskoran
No.
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
B
|
2
|
2
|
S
|
2
|
3
|
B
|
2
|
4
|
S
|
2
|
5
|
S
|
2
|
|
Skor maksimum
|
10
|
Setiap
skor jawaban yang benar adalah 2
Hana
dalam soal Benar-salah tersebut,
ternyata dapat menjawab soal dengan benar sebanyak 4, berarti skor Hana 8 (4x2),
maka nilai Hana adalah . .
Nilai = x 100
Nilai = x 100 = 80
2. Tes Subyektif
Soal Uraian.
Indikator
: Siswa dapat menunjukkan dalil serta contoh mensyukuri nikmat Allah
1. Sebutkan 3
tahapan ungkapan dalam rasa bersyukur !
2. Bagaimana bentuk rasa bersyukur terhadap nikmat Allah?
3. Tulislah dalil
naqli tentang mensyukuri nikmat Allah !
Penskoran
No soal
|
Tingkat kesukaran
|
Jawaban
|
Skor (x)
|
Bobot (B)
|
XB
|
1.
|
Mudah
|
Benar
|
10
|
3
|
30
|
2.
|
Sedang
|
Benar
|
10
|
4
|
40
|
3.
|
Sukar
|
Benar
|
10
|
5
|
50
|
|
Jumlah
|
|
30
|
12
|
120
|
Hana
dalam soal uraian tersebut, ternyata dapat
menjawab soal dengan benar sebanyak 2 nomor pada nomer 1 dan nomer 3, berarti skor Hana adalah….
No soal
|
Tingkat kesukaran
|
Jawaban
|
Skor (x)
|
Bobot (B)
|
XB
|
1.
|
Mudah
|
Benar
|
10
|
3
|
30
|
2.
|
Sedang
|
Salah
|
0
|
4
|
0
|
3.
|
Sukar
|
Benar
|
10
|
5
|
50
|
|
Jumlah
|
|
20
|
12
|
80
|
Rumus skor =
Maka skor Hana adalah = 6
Nilai = x 100
Nilai = x 100 = 50
B.
Penilaian Non Tes
1.
Penilaian Unjuk Kerja
Indikator
: Siswa dapat menjelaskan
arti dan makna syukur
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
Kelancaran menjelaskan Arti kata syukur
Lancar = 3 , kurang = 2
|
0-5
|
2.
|
Kelancaran menjelaskan makna syukur
Lancar = 3 , kurang = 2
|
0-5
|
|
Skor maksimum
|
0-10
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama siswa
|
1
|
2
|
Jumlah
|
Nilai
|
1
|
Oma
|
3
|
2
|
5
|
83
|
2
|
Hana
|
3
|
3
|
6
|
100
|
3
|
Sari
|
2
|
2
|
4
|
67
|
Keterangan:
1 = Kelancaran menjelaskan Arti kata
syukur
2 = Kelancaran menjelaskan makna syukur
Nilai Rohmani = x 100
=
x 100 = 83
Nilai Hana = x 100
=
x 100 =
100
Nilai Sari =
x 100
= x 100 = 67
2.
Proyek
Indikator : Siswa dapat menampilkan diri
dengan prilaku mensyukuri
nikmat Allah dalam kehidupan
sehari-hari
a.
Buatlah laporan yang isinya
tentang perilaku mensyukuri nikmat Allah di sekolah
b.
Persiapkan lembaran kertas untuk
laporan secara individu
c.
Kertas laporan berisi tentang Nama teman, prilaku mensyukuri yang di
lakukan, prilaku tidak mensyukuri yang di lakukan,
d.
Amati teman-temanmu secara
diam-diam selama 2 hari di sekolah
e.
Tulislah mana sikap temanmu yang
mensyukuri nikmat Allah dan mana yang tidak termasuk mensyukuri nikmat Allah
NO.
|
ASPEK-ASPEK
YANG DINILAI
|
SKOR
|
1
|
Kebenaran contoh yang ditulis
|
|
2
|
Kerapian tugas lembaram
|
|
3
|
Tahap Pembuatan Tugas
|
|
4
|
Tahap Praktek Pelaksanaan
|
|
5
|
Tahap Pengumpulan Tugas
|
|
Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan
1 = sangat kurang
Nilai = x 100
3.
Produk
Indikator : Siswa dapat menampilkan diri
dengan prilaku mensyukuri
nikmat Allah dalam kehidupan
sehari-hari
a.
Bagilah siswa menjadi 5 kelompok
b.
Buatlah drama singkat tentang
contoh-contoh perilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari
NO.
|
ASPEK-ASPEK
YANG DINILAI
|
SKOR
|
1
|
Kerjasama / kekompakan
|
|
2
|
Penghayatan karakter
|
|
3
|
Ide Cerita
|
|
4
|
|
|
Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan
1 = sangat kurang
Nilai = x 100
3.
Penilaian Jurnal
Indikator:
Siswa dapat menunjukkan contoh prilaku mensyukuri
nikmat Allah yang benar dan salah dalam kehidupan sehari-hari.
JURNAL PENILAIAN SIKAP
Nama : Hana
Kelas : VII A
No
|
Hari/ Tanggal
|
Sikap/perilaku
|
|
Keterangan
|
|
|
Positif
|
Negatif
|
|
1
|
Senin / 11
|
Bersedekah pada fakir miskin
|
Mengolok-olok teman yang kekurangan
|
Masih belum bisa menunjukkan contoh prilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari
|
2
|
Selasa / 12
|
Mengucapkan hamdalah ketika
menerima nilai bagus
|
Merusak tanaman di taman
|
Masih belum bisa menunjukkan contoh prilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari
|
3
|
Rabu / 13
|
Mengucapakan hamdalah dan memuji
makanan yang dihidangkan
|
Tidak menghabiskan makanan yang sudah diambil
|
Masih belum bisa menunjukkan contoh prilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari
|
Kesimpulan:
Dari keterangan di atas dapat disimpulkan
bahwa belum bisa menunjukkan contoh prilaku mensyukuri nikmat Allah yang benar dan salah
dalam kehidupan sehari-hari, karena terdapat negatifnya dalam menunjukkannya
dalam kehidupan sehari.
3. Penilaian Diri
Indikator:
Siswa dapat menampilkan diri
dengan prilaku mensyukuri
nikmat Allah dalam kehidupan
sehari-hari
Cobalah kamu mengadakan intropeksi, sudahkah kamu
menerapkan prilaku
mensyukuri nikmat Allah seperti di bawah ini dengan memberi tanda check list (√)
no
|
Aspek
|
Sudah
|
Belum
|
Kadang-kadang
|
1
|
Mengucapkan hamdalah setelah makan
|
√
|
|
|
2
|
Bersedekah pada orang yang membutuhkan
|
|
|
√
|
3
|
Bersyukur setelah mendapat nikmat
dari Allah
|
|
|
√
|
4
|
Menghabiskan makanan dan tidak memubadzirkannya
|
√
|
|
|
5
|
Meningkatkan ibadah sebagai tanda
rasa syukur pada Allah.
|
|
|
√
|
Kesimpulan:
No comments:
Post a Comment
tinggalkan komentar ^^