I. Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) huruh A, B, C, D, atau E pada lembar jawaban yang tersedia !
1. KH Ahmad Dahlan mengawali berdirinya persyarikatan
Muhammadiyah dengan membuka sekolah di rumah beliau. Usaha ini kemudian
berkembang menjadi amal usaha Muhammadiyah dalam bidang pendidikan. Maka tujuan
amal usaha Muhammadiyah dalam bidang pendidikan ini adalah….
A.
Mendidik sumber daya
manusia yang mampu menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam
B.
Menegakkan dan menjunjung
tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya
C.
Membentuk pelajar muslim
yang berakhlaq mulia, cakap, percaya pada diri sendiri dan berguna bagi
masyarakat, bangsa dan negara
D.
Menciptakan sumber daya
manusia yang berakhlaq mulia dalam rangka menegakkan dan menjunjung tinggi agama
Islam
E.
Menjadikan manusia
seutuhnya yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT
2. Perkembangan Muhammadiyah dalam bidang
pendidikan, salah satunya ditandai dengan….
A.
Membentuk Majelis
Pendidikan Dasar dan Menengah yang bertugas mengelola sekolah Muhammadiyah
B.
Mendirikan
sekolah-sekolah umum dengan memasukkan ke dalamnya ilmu-ilmu keagamaan
C.
Membentuk organisasi
Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) bagi siswa di sekolah Muhammadiyah
D.
Mendirikan pesantren
Muhammadiyah agar Muhammadiyah tidak kekurangan ulama
E.
Memperjuangkan agar
sekolah-sekolah Muhammadiyah memperoleh bantuan dari pemerintah sebagaimana
yang diperoleh sekolah-sekolah negeri.
3.
Kurikulum Al-Islam dan
Kemuhammadiyahan menjadi salah satu karakteristik perguruan Muhammadiyah. Dalam
hal ini, kurikulum AIK di Perguruan Muhammadiyah bertujuan untuk….
A.
Menanamkan kecintaan
siswa terhadap ajaran Islam dan persyarikatan Muhammadiyah
B.
Menumbuhkan semangat dan
motivasi dalam diri siswa menjadi kader perjuangan dakwah Muhammadiyah
C.
Menumbuhkan kemampuan dan
kemampuan siswa agar memiliki ilmu al-Islam dan Kemuhammadiyahan dan mampu
mengamalkannya
D.
Menunjukkan perbedaan
Perguruan Muhammadiyah dengan perguruan atau lembaga pendidikan lain
E.
Memenuhi tuntutan materi
pelajaran yang ditetapkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah
4.
Sistem pengajaran
pendidikan Muhammadiyah dibuat seperti pola sistem sekolah negeri bertujuan….
A.
Agar sekolah Muhammadiyah
memperoleh bantuan dari pemerintah sebagaimana yang diberikan kepada sekolah negeri
B.
Agar sekolah Muhammadiyah
memperoleh kepercayaan yang tinggi dari masyarakat sebagaimana sekolah negeri
C.
Meniru sekolah negeri
yang dipandang memiliki pola pengajaran yang lebih baik
D.
Mengorganisasikan sistem
pendidikan Muhammadiyah yang sejajar dengan sistem pendidikan nasional
E.
Pendidikan Muhammadiyah
belum memiliki pola sendiri yang dapat diterapkan oleh sekolah Muhammadiyah
secara nasional
5.
Komitmen yang diucapkan
dan diamalkan oleh seluruh pelajar Muhammadiyah dari Sekolah Dasar sampai
Sekolah Menengah Atas di Perguruan Muhammadiyah, dikenal dengan istilah….
A.
Ikatan Pelajar
Muhammadiyah
B.
Bakti Pelajar
Muhammadiyah
C.
Pernyataan Sikap Pelajar
Muhammadiyah
D.
Komitmen Pelajar
Muhammadiyah
E.
Janji Pelajar
Muhammadiyah
6.
Komitmen yang harus
diucapkan dan diamalkan oleh pelajar di sekolah Muhammadiyah tersebut diawali
dengan kalimat basmalah lalu dilanjutkan dengan….
A.
Surah al Ashri
B.
Syahadat
C.
Surah al Fatiha
D.
Ikrar
E.
Surah al Imran ayat 104
7.
Janji Pelajar
Muhammadiyah yang harus diucapkan dan diamalkan oleh pelajar di Perguruan
Muhammadiyah terdiri atas enam butir. Butir ketiga berbunyi ….
A.
Hormat terhadap orang tua
dan guru
B.
Rela berkorban dan
menolong sesama
C.
Bersungguh-sungguh dalam
menuntut ilmu
D.
Berjuang menegakkan
ajaran Islam
E.
Siap menjadi kader
Muhammadiyah dan bangsa
8.
Pengamalan Janji Pelajar
Muhammadiyah butir pertama tercermin dalam perilaku berikut ini…
A.
Pelajar Muhammadiyah
diharapkan menjadi kader, pelopor dan pelangsung amal usaha Muhammadiyah
B.
Memiliki jiwa rela
berkorban dan menolong kepada sesama serta menjadi manusia yang bermanfaat bagi
orang lain
C.
Menjadikan nilai-nilai
ajaran agama Islam sebagai landasan aktivitas sehari-hari
D.
Memiliki semangat jihad
dalam segala hal sehingga melahirkan kemandirian dan prestasi
E.
Memiliki komitmen yang
tinggi dalam menuntut ilmu sebagai bentuk ibadah kepada Allah
9.
Menjaga tata kesopanan,
tata krama serta sikap husnudzan dan tsiqah kepada orang tua dan guru,
merupakan pengamalan Janji Pelajar Muhammadiyah butir ….
A.
Pertama
B.
Kedua
C.
Ketiga
D.
Keempat
E.
Kelima
10. Pengamalan Janji Pelajar Muhammadiyah butir
keempat terdapat pada perilaku berikut …
A.
Melakukan penguatan
keislaman melalui kegiatan pengkajian Alquran dikalangan pelajar
B.
Senantiasa berdoa kepada
Allah SWT memohonkan ampunan bagi kedua orang tua
C.
Aktif dalam organisasi
Ikatan Pelajar Muhammadiyah untuk menumbuhkan jiwa sebagai kader Muhammadiyah
D.
Memiliki semangat
bersungguh-sungguh dalam setiap aktifitas yang dikerjakan, memiliki kemandirian
serta keinginan untuk senantiasa berprestasi
E.
Bersungguh-sungguh dalam
menuntut ilmu disertai niat ikhlas untuk beribadah kepada Allah SWT.
11. Aktif dalam kegiatan Kepanduan Hizbul Wathan
(HW) untuk mengasah jiwa kepemimpinan dan kemandirian, merupakan pengamalan Janji
Pelajar Muhammadiyah butir….
A.
Pertama
B.
Ketiga
C.
Keempat
D.
Kelima
E.
Keenam
12. Kata Muhammadiyah berasal dari bahasa Arab
yang secara etimologis berarti….
A.
Faham yang bersumber pada
al Quran dan al Hadits
B.
Ajaran yang dibawa Nabi
Muhammad SAW
C.
Organisasi Islam dakwah amar
ma’ruf nahi munkar yang didirikan KH Ahmad Dahlan
D.
Pengikut Nabi Muhammad
SAW
E.
Persyarikatan Islam yang
didirikan untuk mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW.
13. Secara terminologi, arti Muhammadiyah adalah ….
A.
Ajaran Islam yang
diturunkan Allah SWT kepada para Nabi dan Rasul-Nya untuk ummat manusia
B.
Orang-orang yang
mengikuti Nabi Muhammad SAW
C.
Gerakan Islam dakwah amar
ma’ruf nahi munkar yang bersumber pada Alquran dan As-Sunah yang didirikan KH
Ahmad Dahlan
D.
Faham agama dalam Islam
yang bertujuan mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW
E.
Organisasi yang bertujuan
menghapus ajaran Islam yang bercampur dengan syirik, tahayul dan bid’ah
14. Aspirasi keagamaan yang mendorong KH Ahmad
Dahlan mendirikan persyarikatan Muhammadiyah terutama keinginan beliau mengamalkan perintah Allah dalam Alquran, terutama surah ...
A.
al Imran ayat 103
B.
al Imran ayat 104
C.
al Imranayat 105
D.
al Imran ayat 106
E.
al Imran ayat 107
15. KH Ahmad Dahlan sebelum mendirikan
Muhammadiyah banyak menjumpai penyimpangan dalam kehidupan keagamaan yang
dilakukan ummat Islam. Penyimpangan itu berupa bercampurnya ajaran Islam dengan
tradisi dan kepercayaan yang sebelumnya telah mereka anut. Maka yang kemudian dilakukan
KH Ahmad Dahlan melalui Muhammadiyah adalah....
A.
Mengembalikan ajaran
Islam kepada kemurniannya sesuai tuntunan Alquran dan Al-Hadits
B.
Mendirikan sekolah
Muhammadiyah supaya masyarakat memiliki pengetahuan dan terhindar dari perilaku
beragama yang menyimpang
C.
KH Ahmad Dahlan
mengumpulkan pemuda-pemuda untuk diberi pencerahan tentang ilmu agama
D.
Menghancurkan
tempat-tempat yang dianggap keramat dan menjadi pusat kemusyrikan
E.
Melarang segala bentuk
praktik keagamaan yang bersifat bid’ah, khurafat dan tahayul dari tengah
kehidupan ummat Islam
16. KH Ahmad Dahlan melalui Muhammadiyah
menyelenggarakan madrasah dengan mengintegrasikan ilmu keagamaan dengan ilmu modern. Hal
ini dilatarbelakangi kondisi pendidikan saat itu, yaitu….
A.
Dunia pendidikan Islam masih
mempertentangkan ilmu keagamaan dengan ilmu modern, sementara sekolah modern
tidak mengajarkan ilmu agama.
B.
Kehadiran sekolah-sekolah
Katolik yang sangat membahayakan akidah ummat Islam
C.
Sekolah-sekolah umum
hanya diperuntukkan bagi anak para pejabat dan kalangan ningrat
D.
Pesantren yang dimiliki
umat Islam tetap mempertahankan kajian kitab klasik yang sudah ketinggalan zaman
E.
KH Ahmad Dahlan sering
diminta menjadi guru di sekolah yang didirikan pemerintah penjajajah Belanda,
sehingga banyak terpengaruh dengan pola pendidikan modern.
17. Upaya KH Ahmad Dahlan membendung pengaruh
penjajahan bangsa barat, terutama yang membawa misi kristenisasi, ditempuh
dengan cara-cara sebagai berikut....
A.
Melakukan pendekatan
dengan pemerintah kolonial Belanda agar tidak menyebarkan agama Kristen di
tengah ummat Islam
B.
Menghimpun kekuatan ummat
Islam untuk bersama-sama berjuang mengusir penjajah Belanda dari tanah air
Indonesia
C.
Meningkatkan berbagai
fasilitas pendidikan dan kesehatan bagi ummat Islam agar dapat menandingi
berbagai fasilitas yang dikembangkan oleh misionaris Kristen
D.
Menyampaikan materi
tentang kebangsaan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dikalangan pelajar
E.
Menggalakkan dakwah dalam
bidang sosial untuk membendung propaganda yang dilakukan misionaris Kristen kepada
ummat Islam yang miskin
18. Rumusan pertama Maksud dan Tujuan Muhammadiyah
yang dihasilkan pada tahun 1914 berbunyi….
A.
Menegakkan dan menjunjung
tinggi agam Islam di wilayah karisidenan Yogyakarta
B.
Memajukan dan
menggembirakan pengajaran dan pelajaran tentang agama Islam di Hindia Belanda
C.
Memajukan dan
menggembirakan hidup sepanjang kemauan agama Islam kepada sekutu-sekutunya
D.
Menegakkan dan menjunjung
tinggi perihal agama Islam dalam rangka mewujudkan masyarakat Islam yang
sebenar-benarnya
E.
Menyebarkan pengajaran
Kanjeng Nabi Muhammad SAW kepada penduduk bumiputera di dalam residensi
Yogyakarta dan memajukan hal agama Islam kepada anggota-anggotanya
19. Menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam
sehingga dapat mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya, adalah
rumusan Maksud dan Tujuan Muhammadiyah pada masa....
A.
Penjajahan Belanda
B.
Penjajahan Jepang
C.
Pergerakkan Nasional
D.
Setelah masa kemerdekaan
E.
Muktamar ke-44 tahun 2000
20. Seiring kebijakan pemerintah Orde Baru melalui
Undang-undang (UU) Pokok Keormasan Nomor 8 Tahun 1985, maka rumusan Maksud dan
Tujuan Muhammadiyah hasil Muktamar ke-41 tahun 1985 berbunyi....
A.
Menegakkan dan menjunjung
tinggi Agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya
B.
Menegakkan dan menjunjung
tinggi Agama Islam sehingga terwujud masyarakat utama, adil dan makmur yang
diridhoi Allah subhanahu wa ta’ala
C.
Menegakkan dan menjunjung
tinggi Agama Islam dalam rangka mewujudkan masyarakat Islam yang
sebenar-benarnya
D.
Menegakkan dan menjunjung
tinggi Agama Islam untuk terbentuknya masyarakat utama, adil dan makmur yang
diridhoi Allah subhanahu wa ta’ala
E.
Menegakkan dan menjunjung
tinggi Agama Islam sehingga dapat mewujudkan masyarakat utama, adil dan makmur
yang diridhoi Allah subhanahu wa ta’ala
21. Masyarakat Islam sebagaimana termaktub dalam
rumusan Maksud dan Tujuan Muhammadiyah hasil Muktamar ke-44 di Jakarta
mengandung arti....
A.
Masyarakat Islam yang
sebenar-sebenarya
B.
Masyarakat yang
berkeadilan sosial, makmur sentosa lahir batin dan berpedoman kepada Alquran dan
Sunah
C.
Masyarakat utama, adil
dan makmur yang diridhoi Allah SWT
D.
Masyarakat yang baik dan
berada di bawah ampunan Allah SWT
E.
Masyarakat yang
menjadikan Islam sebagai landasan hukumnya
22. Pemikiran pembaharuan KH Ahmad Dahlan tidak
bisa lepas dari pemikiran tokoh-tokoh pembaharu dalam dunia Islam, seperti Ibnu
Taimiyah, Muhammad Abduh, al-Afghani dan lain-lain. Hal ini terutama terjadi
pada saat....
A.
KH Ahmad Dahlan
berlangganan majalah dan surah kabar terbitan Timur Tengah
B.
KH Ahmad Dahlan berguru
langsung kepada Ibnu Taimiyah di Makkah
C.
KH Ahmad Dahlan
menunaikan ibadah haji pertama dan menetap selama lima tahun untuk memperdalam
ilmu agama dan bahasa Arab
D.
KH Ahmad Dahlan pada usia
15 tahun dikirim orang tuanya ke Timur Tengah untuk belajar agama kepada
beberapa syekh di sana
E.
Sekembalinya dari
menunaikan ibadah Haji, KH Ahmad Dahlan membaca buku tafsir al-Manar karya Syekh Rasyid Ridha tentang modernisasi Islam
23. “…. Wahai
Dahlan, coba engkau bayangkan seolah-olah engkau berada seorang diri bersama
Allah, sedangkan engkau menghadapi kematian, pengadilan, hisab, surga dan
neraka…” penggalan nasihat pribadi KH Ahmad Dahlan tersebut mengandung makna....
A.
Bahwa setiap orang pasti
akan menghadapi kematian dan hari akhirat, maka harus dipersiapkan dengan baik
B.
Sebuah semangat untuk
menghadapi kematian yang akan menghantarkan ke surga
C.
KH. Ahmad Dahlan sangat
takut dengan datangnya kematian dan hari akhirat
D.
Semangat untuk mencapai
kehidupan akhirat yang baik dengan memperbanyak bekal ibadah, amal saleh dan
membela agama Allah
E.
Bagi KH Ahmad Dahlan, kematian,
pengadilan dan hisab adalah sesuatu yang biasa
24. Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) adalah usaha
yang diselenggarakan persyarikatan Muhammadiyah untuk mencapai maksud dan
tujuannya. Maka dalam melaksanakannya Muhammadiyah mendasarkan pada
prinsip-prinsip yang terdapat dalam....
A.
Mukadimah Anggaran Dasar
Muhammadiyah
B.
Anggaran Dasar dan
Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah
C.
Pedoman Hidup Islami
Warga Muhammadiyah
D.
Matan Keyakinan dan
Cita-cita Hidup Muhammadiyah
E.
Maksud dan Tujuan
Muhammadiyah
25. Muhammadiyah menunjuk dan mengangkat pimpinan
Amal Usaha Muhammadiyah sebagai pelaksana, yang dalam tugasnya harus
memperhatikan prinsip berikut....
A.
Pimpinan Amal Usaha
memiliki hak mutlak mengelola amal usahanya tanpa ada campur tangan dari
Pimpinan Persyarikatan Muhammadiyah
B.
Pergantian pimpinan Amal
Usaha sepenuhnya menjadi kewenangan amal usaha yang bersangkutan dengan kurun
waktu yang ditentukan sendiri
C.
Amal Usaha tidak harus
dipimpin oleh profesional di bidangnya, selama ia adalah kader Persyarikatan
D.
Pimpinan Amal Usaha
berhak mendapatkan nafkah sesuai ketentuan Pimpinan Persyarikatan tanpa
memperhatikan aspek profesionalisme
E.
Pimpinan Amal Usaha
berkewajiban melaporkan pengelolaan amal usahanya, khususnya keuangan kepada
Pimpinan Persyarikatan
26. Macam-macam Amal Usaha Muhammadiyah
sebagaimana tertuang dalam Anggaran Rumah Tangga (ART) pasal 3, Amal Usaha
Muhammadiyah dalam bidang keagamaan berupa....
A.
Menanamkan keyakinan,
memperdalam dan memperluas pemahaman, meningkatkan pengamalan, serta
menyebarluaskan ajaran Islam dalam berbagai aspek kehidupan
B.
Meningkatkan harkat,
martabat dan kualitas sumber daya manusia agar berkemampuan tinggi serta
berakhlaq mulia
C.
Memajukan perekonomian
dan kewirausahaan ke arah perbaikan hidup yang berkualitas
D.
Memelihara keutuhan
bangsa serta berperan aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
E.
Meningkatkan semangat
ibadah, jihad, zakat, infaq, wakaf, shadaqah
27. Amal Usaha Muhammadiyah dalam bidang
pendidikan sudah dirintis KH Ahmad Dahlan, bahkan sebelum beliau secara resmi
mendirikan persyarikatan Muhammadiyah. Model pendidikan yang diselenggarakan
Muhammadiyah memiliki ciri khusus berupa....
A.
Memisahkan antara
pelajaran agama dengan pelajaran umum agar siswa lebih fokus pada satu bidang
pelajaran
B.
Tidak lagi memisahkan
pelajaran yang dianggap sebagai ilmu agama dengan pelajaran yang dianggap
sebagai ilmu umum
C.
Siswa putri diwajibkan
mengenakan jilbab dan siswa putra diwajibkan mengenakan celana panjang
D.
Menggunakan sarana
belajar yang modern, seperti bangku, meja dan papan tulis
E.
Menggunakan metode
pengajaran sebagaimana di pondok pesantren, dengan materi seperti yang
diajarkan di sekolah umum
28. Amanat Anggaran Rumah Tangga (ART)
Muhammadiyah untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan
masyarakat, diwujudkan Muhammadiyah dalam amal usaha berupa....
A.
Lembaga Perekonomian Mikro
B.
Baitul Tamwil
Muhammadiyah (BTM)
C.
Rumah Sakit Islam (RSI)
‘Aisyiyah
D.
Madrasah Mu’alimin
Muhammadiyah
E.
Sekolah Dasar dan
Menengah Muhammadiyah
29. Muhammadiyah bukan organisasi atau partai
politik, tetapi sejarah mencatat kiprah tokoh-tokoh Muhammadiyah dalam gerakan
politik kebangsaan cukup besar. Salah satunya ditunjukkan Muhammadiyah pada
masa awal kemerdekaan Republik Indonesia adalah....
A.
Menyusun kabinet pertama
bersama Presiden Soekarno
B.
Merumuskan Undang-undang
Dasar 1945 bersama Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI)
C.
KH Mas Mansur ditunjuk
sebagai tim perumus pembukaan UUD 1945
D.
Ikut memelopori
berdirinya Partai Islam Indonesia dan mendukung berdirinya Partai Masyumi tahun
1945 sebagai partai yang memperjuangkan aspirasi ummat Islam
E.
Meminta kepada pemerintah
penjajah Belanda agar urusan agama di Indonesia diserahkan kepada Muhammadiyah
30. Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode
2015-2020, Dr. H. Abdul Mu’ti,M.Ed., pernah menyatakan bahwa netralitas
Muhammadiyah terhadap partai politik dapat ditempuh dengan meneguhkan khittah
(garis perjuangan) dengan menjaga gerakan dari intervensi dan tarikan politik.
(Tempo, Senin, 18 Februari 2019).
Maka yang diterapkan Muhammadiyah adalah....
A.
Mendirikan partai politik
sendiri agar Muhammadiyah tidak diintervensi partai politik lain
B.
Mendukung partai politik
tertentu untuk memperjuangkan aspirasi Muhammadiyah
C.
Menjauhi partai politik
agar Muhammadiyah terhindar dari intervensi dan tarikan partai politik tertentu
D.
Memberikan kebebasan
kepada kader Muhammadiyah untuk berperan dalam berbagai organisasi politik
E.
Muhammadiyah melarang
rangkap jabatan antara pimpinan Persyarikatan atau amal usaha dengan pimpinan
partai politik
II. Isilah
titik-titik pada soal di bawah ini dengan jawaban singkat dan benar!
31. Salah satu karakteristik yang dimiliki
Perguruan Muhammadiyah adalah penerapan kurikulum ….
32. Teks Janji Pelajar Muhammadiyah diawali dengan
kalimat….
33. Pelajar Muhammadiyah memiliki komitmen yang
tinggi dalam menuntut ilmu sebagai bentuk kewajiban ibadah kepada Allah adalah
cerminan Janji Pelajar Muhammadiyah butir ke….
34. “.....dan menolong sesama “ adalah teks Janji Pelajar Muhammadiyah butir
kelima
35. Kata Muhammadiyah secara bahasa berarti ...
36. Aspirasi keagamaan KH Ahmad Dahlan mengantarkan
beliau kepada pemahaman bahwa dakwah Islam hanya berhasil melalui .… sebagai
alat perjuangannya
37. Salah satu praktik kehidupan beragama yang
menyimpang dan ingin diluruskan oleh Muhammadiyah adalah mengadakan bentuk
ibadah baru di luar yang dituntunkan Rasulullah atau yang disebut dengan
istilah….
38. Tambahan mukadimah: sesuai dengan kepercayaan untuk mendirikan kemakmuran bersama seluruh
Asia Timur Raya, pada rumusan Maksud dan Tujuan Muhammadiyah dilakukan pada
masa….
39. Untuk mendukung cita-cita pembaharuannya, KH
Ahmad Dahlan mendirikan sekolah guru untuk laki-laki yang kemudian dikenal
dengan nama ….
40. Dasar Amal Usaha Muhammadiyah pada butir yang
kedua menyebutkan bahwa hidup manusia….
III. Jawablah pertanyaan di bawah dengan benar!
41. Pelajar Muhammadiyah, sesuai dengan janjinya
akan berjuang menegakkan ajaran agama Islam. Tuliskan satu contoh perilaku yang
mencerminkan janji pelajar tersebut!
42. Tema sentral yang diperjuangkan Muhammadiyah
sejak awal ialah mengembalikan ajaran Islam kepada kemurniannya dari segala
macam bentuk penyimpangan, salah satunya praktik khurafat. Tuliskan satu contoh perbuatan khurafat di
tengah ummat Islam!
43. Maksud dan Tujuan Muhammadiyah sebagaimana
tercantum dalam Anggaran Dasar Muhammadiyah pasal 6 adalah menegakkan dan
menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang
sebenar-benarnya. Jelaskan rumusan tersebut
melalui pengertian dari :
a.
Menegakkan agama Islam
b.
Menjunjung tinggi agama
Islam
c.
Masyarakat Islam yang
sebenar-benarnya
44. Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah diangkat dan
diberhentikan oleh Pimpinan Persyarikatan dalam kurun waktu tertentu. Jelaskan
maksud dari pernyataan tersebut.
No comments:
Post a Comment
tinggalkan komentar ^^