WELCOME TO Hiel'S BLOGGER

Wednesday, September 29, 2021

BELAJAR SOAL KMD

  I.     Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) huruh A, B, C, D, atau E pada lembar jawaban yang tersedia !

1.    KH Ahmad Dahlan mengawali berdirinya persyarikatan Muhammadiyah dengan membuka sekolah di rumah beliau. Usaha ini kemudian berkembang menjadi amal usaha Muhammadiyah dalam bidang pendidikan. Maka tujuan amal usaha Muhammadiyah dalam bidang pendidikan ini adalah….

A.   Mendidik sumber daya manusia yang mampu menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam

B.   Menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya

C.   Membentuk pelajar muslim yang berakhlaq mulia, cakap, percaya pada diri sendiri dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara

D.   Menciptakan sumber daya manusia yang berakhlaq mulia dalam rangka menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam

E.   Menjadikan manusia seutuhnya yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT

2.    Perkembangan Muhammadiyah dalam bidang pendidikan, salah satunya ditandai dengan….

A.   Membentuk Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah yang bertugas mengelola sekolah Muhammadiyah

B.   Mendirikan sekolah-sekolah umum dengan memasukkan ke dalamnya ilmu-ilmu keagamaan

C.   Membentuk organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) bagi siswa di sekolah Muhammadiyah

D.   Mendirikan pesantren Muhammadiyah agar Muhammadiyah tidak kekurangan ulama

E.   Memperjuangkan agar sekolah-sekolah Muhammadiyah memperoleh bantuan dari pemerintah sebagaimana yang diperoleh sekolah-sekolah negeri.

 

 

 

 

 

 

 

3.    Kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan menjadi salah satu karakteristik perguruan Muhammadiyah. Dalam hal ini, kurikulum AIK di Perguruan Muhammadiyah bertujuan untuk….

A.      Menanamkan kecintaan siswa terhadap ajaran Islam dan persyarikatan Muhammadiyah

B.      Menumbuhkan semangat dan motivasi dalam diri siswa menjadi kader perjuangan dakwah Muhammadiyah

C.     Menumbuhkan kemampuan dan kemampuan siswa agar memiliki ilmu al-Islam dan Kemuhammadiyahan dan mampu mengamalkannya

D.     Menunjukkan perbedaan Perguruan Muhammadiyah dengan perguruan atau lembaga pendidikan lain

E.      Memenuhi tuntutan materi pelajaran yang ditetapkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah

4.    Sistem pengajaran pendidikan Muhammadiyah dibuat seperti pola sistem sekolah negeri bertujuan….

A.      Agar sekolah Muhammadiyah memperoleh bantuan dari pemerintah sebagaimana yang diberikan kepada sekolah negeri

B.      Agar sekolah Muhammadiyah memperoleh kepercayaan yang tinggi dari masyarakat sebagaimana sekolah negeri

C.     Meniru sekolah negeri yang dipandang memiliki pola pengajaran yang lebih baik

D.     Mengorganisasikan sistem pendidikan Muhammadiyah yang sejajar dengan sistem pendidikan nasional

E.      Pendidikan Muhammadiyah belum memiliki pola sendiri yang dapat diterapkan oleh sekolah Muhammadiyah secara nasional

5.    Komitmen yang diucapkan dan diamalkan oleh seluruh pelajar Muhammadiyah dari Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas di Perguruan Muhammadiyah, dikenal dengan istilah….

A.      Ikatan Pelajar Muhammadiyah

B.      Bakti Pelajar Muhammadiyah

C.     Pernyataan Sikap Pelajar Muhammadiyah

D.     Komitmen Pelajar Muhammadiyah

E.      Janji Pelajar Muhammadiyah

6.    Komitmen yang harus diucapkan dan diamalkan oleh pelajar di sekolah Muhammadiyah tersebut diawali dengan kalimat basmalah lalu dilanjutkan dengan….

A.      Surah al Ashri

B.      Syahadat

C.     Surah al Fatiha

D.     Ikrar

E.      Surah al Imran ayat 104

7.    Janji Pelajar Muhammadiyah yang harus diucapkan dan diamalkan oleh pelajar di Perguruan Muhammadiyah terdiri atas enam butir. Butir ketiga berbunyi ….

A.      Hormat terhadap orang tua dan guru

B.      Rela berkorban dan menolong sesama

C.     Bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu

D.     Berjuang menegakkan ajaran Islam

E.      Siap menjadi kader Muhammadiyah dan bangsa

 

8.    Pengamalan Janji Pelajar Muhammadiyah butir pertama tercermin dalam perilaku berikut ini…

A.      Pelajar Muhammadiyah diharapkan menjadi kader, pelopor dan pelangsung amal usaha Muhammadiyah

B.      Memiliki jiwa rela berkorban dan menolong kepada sesama serta menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain

C.     Menjadikan nilai-nilai ajaran agama Islam sebagai landasan aktivitas sehari-hari

D.     Memiliki semangat jihad dalam segala hal sehingga melahirkan kemandirian dan prestasi

E.      Memiliki komitmen yang tinggi dalam menuntut ilmu sebagai bentuk ibadah kepada Allah

9.    Menjaga tata kesopanan, tata krama serta sikap husnudzan dan tsiqah kepada orang tua dan guru, merupakan pengamalan Janji Pelajar Muhammadiyah butir ….

A.      Pertama

B.      Kedua

C.     Ketiga

D.     Keempat

E.      Kelima

10. Pengamalan Janji Pelajar Muhammadiyah butir keempat terdapat pada perilaku berikut …

A.      Melakukan penguatan keislaman melalui kegiatan pengkajian Alquran dikalangan pelajar

B.      Senantiasa berdoa kepada Allah SWT memohonkan ampunan bagi kedua orang tua

C.     Aktif dalam organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah untuk menumbuhkan jiwa sebagai kader Muhammadiyah

D.     Memiliki semangat bersungguh-sungguh dalam setiap aktifitas yang dikerjakan, memiliki kemandirian serta keinginan untuk senantiasa berprestasi

E.      Bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu disertai niat ikhlas untuk beribadah kepada Allah SWT.

11. Aktif dalam kegiatan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) untuk mengasah jiwa kepemimpinan dan kemandirian, merupakan pengamalan Janji Pelajar Muhammadiyah butir….

A.      Pertama

B.      Ketiga

C.     Keempat

D.     Kelima

E.      Keenam

12. Kata Muhammadiyah berasal dari bahasa Arab yang secara etimologis berarti….

A.      Faham yang bersumber pada al Quran dan al Hadits

B.      Ajaran yang dibawa Nabi Muhammad SAW

C.     Organisasi Islam dakwah amar ma’ruf nahi munkar yang didirikan KH Ahmad Dahlan

D.     Pengikut Nabi Muhammad SAW

E.      Persyarikatan Islam yang didirikan untuk mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW.

 

 

 

 

 

 

 

 

13. Secara terminologi, arti Muhammadiyah adalah ….

A.      Ajaran Islam yang diturunkan Allah SWT kepada para Nabi dan Rasul-Nya untuk ummat manusia

B.      Orang-orang yang mengikuti Nabi Muhammad SAW

C.     Gerakan Islam dakwah amar ma’ruf nahi munkar yang bersumber pada Alquran dan As-Sunah yang didirikan KH Ahmad Dahlan

D.     Faham agama dalam Islam yang bertujuan mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW

E.      Organisasi yang bertujuan menghapus ajaran Islam yang bercampur dengan syirik, tahayul dan bid’ah

14. Aspirasi keagamaan yang mendorong KH Ahmad Dahlan mendirikan persyarikatan Muhammadiyah terutama  keinginan beliau mengamalkan perintah Allah dalam Alquran, terutama surah ...

A.      al Imran ayat 103

B.      al Imran ayat 104

C.     al Imranayat 105

D.     al Imran ayat 106

E.      al Imran ayat 107

15. KH Ahmad Dahlan sebelum mendirikan Muhammadiyah banyak menjumpai penyimpangan dalam kehidupan keagamaan yang dilakukan ummat Islam. Penyimpangan itu berupa bercampurnya ajaran Islam dengan tradisi dan kepercayaan yang sebelumnya telah mereka anut. Maka yang kemudian dilakukan KH Ahmad Dahlan melalui Muhammadiyah adalah....

A.      Mengembalikan ajaran Islam kepada kemurniannya sesuai tuntunan Alquran dan Al-Hadits

B.      Mendirikan sekolah Muhammadiyah supaya masyarakat memiliki pengetahuan dan terhindar dari perilaku beragama yang menyimpang

C.     KH Ahmad Dahlan mengumpulkan pemuda-pemuda untuk diberi pencerahan tentang ilmu agama

D.     Menghancurkan tempat-tempat yang dianggap keramat dan menjadi pusat kemusyrikan

E.      Melarang segala bentuk praktik keagamaan yang bersifat bid’ah, khurafat dan tahayul dari tengah kehidupan ummat Islam

16. KH Ahmad Dahlan melalui Muhammadiyah menyelenggarakan madrasah dengan mengintegrasikan ilmu keagamaan dengan ilmu modern. Hal ini dilatarbelakangi kondisi pendidikan saat itu, yaitu….

A.      Dunia pendidikan Islam masih mempertentangkan ilmu keagamaan dengan ilmu modern, sementara sekolah modern tidak mengajarkan ilmu agama.

B.      Kehadiran sekolah-sekolah Katolik yang sangat membahayakan akidah ummat Islam

C.     Sekolah-sekolah umum hanya diperuntukkan bagi anak para pejabat dan kalangan ningrat

D.     Pesantren yang dimiliki umat Islam tetap mempertahankan kajian kitab klasik yang sudah ketinggalan zaman

E.      KH Ahmad Dahlan sering diminta menjadi guru di sekolah yang didirikan pemerintah penjajajah Belanda, sehingga banyak terpengaruh dengan pola pendidikan modern.

 

 

17. Upaya KH Ahmad Dahlan membendung pengaruh penjajahan bangsa barat, terutama yang membawa misi kristenisasi, ditempuh dengan cara-cara sebagai berikut....

A.      Melakukan pendekatan dengan pemerintah kolonial Belanda agar tidak menyebarkan agama Kristen di tengah ummat Islam

B.      Menghimpun kekuatan ummat Islam untuk bersama-sama berjuang mengusir penjajah Belanda dari tanah air Indonesia

C.     Meningkatkan berbagai fasilitas pendidikan dan kesehatan bagi ummat Islam agar dapat menandingi berbagai fasilitas yang dikembangkan oleh misionaris Kristen

D.     Menyampaikan materi tentang kebangsaan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dikalangan pelajar

E.      Menggalakkan dakwah dalam bidang sosial untuk membendung propaganda yang dilakukan misionaris Kristen kepada ummat Islam yang miskin

18. Rumusan pertama Maksud dan Tujuan Muhammadiyah yang dihasilkan pada tahun 1914 berbunyi….

A.      Menegakkan dan menjunjung tinggi agam Islam di wilayah karisidenan Yogyakarta

B.      Memajukan dan menggembirakan pengajaran dan pelajaran tentang agama Islam di Hindia Belanda

C.     Memajukan dan menggembirakan hidup sepanjang kemauan agama Islam kepada sekutu-sekutunya

D.     Menegakkan dan menjunjung tinggi perihal agama Islam dalam rangka mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya

E.      Menyebarkan pengajaran Kanjeng Nabi Muhammad SAW kepada penduduk bumiputera di dalam residensi Yogyakarta dan memajukan hal agama Islam kepada anggota-anggotanya

19. Menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga dapat mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya, adalah rumusan Maksud dan Tujuan Muhammadiyah pada masa....

A.      Penjajahan Belanda

B.      Penjajahan Jepang

C.     Pergerakkan Nasional

D.     Setelah masa kemerdekaan

E.      Muktamar ke-44 tahun 2000

20. Seiring kebijakan pemerintah Orde Baru melalui Undang-undang (UU) Pokok Keormasan Nomor 8 Tahun 1985, maka rumusan Maksud dan Tujuan Muhammadiyah hasil Muktamar ke-41 tahun 1985 berbunyi....

A.      Menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya

B.      Menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam sehingga terwujud masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhoi Allah subhanahu wa ta’ala

C.     Menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam dalam rangka mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya

D.     Menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam untuk terbentuknya masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhoi Allah subhanahu wa ta’ala

E.      Menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam sehingga dapat mewujudkan masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhoi Allah subhanahu wa ta’ala

21. Masyarakat Islam sebagaimana termaktub dalam rumusan Maksud dan Tujuan Muhammadiyah hasil Muktamar ke-44 di Jakarta mengandung arti....

A.      Masyarakat Islam yang sebenar-sebenarya

B.      Masyarakat yang berkeadilan sosial, makmur sentosa lahir batin dan berpedoman kepada Alquran dan Sunah

C.     Masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT

D.     Masyarakat yang baik dan berada di bawah ampunan Allah SWT

E.      Masyarakat yang menjadikan Islam sebagai landasan hukumnya

22. Pemikiran pembaharuan KH Ahmad Dahlan tidak bisa lepas dari pemikiran tokoh-tokoh pembaharu dalam dunia Islam, seperti Ibnu Taimiyah, Muhammad Abduh, al-Afghani dan lain-lain. Hal ini terutama terjadi pada saat....

A.      KH Ahmad Dahlan berlangganan majalah dan surah kabar terbitan Timur Tengah

B.      KH Ahmad Dahlan berguru langsung kepada Ibnu Taimiyah di Makkah

C.     KH Ahmad Dahlan menunaikan ibadah haji pertama dan menetap selama lima tahun untuk memperdalam ilmu agama dan bahasa Arab

D.     KH Ahmad Dahlan pada usia 15 tahun dikirim orang tuanya ke Timur Tengah untuk belajar agama kepada beberapa syekh di sana

E.      Sekembalinya dari menunaikan ibadah Haji, KH Ahmad Dahlan membaca buku tafsir al-Manar karya Syekh Rasyid Ridha tentang modernisasi Islam

23. “…. Wahai Dahlan, coba engkau bayangkan seolah-olah engkau berada seorang diri bersama Allah, sedangkan engkau menghadapi kematian, pengadilan, hisab, surga dan neraka…” penggalan nasihat pribadi KH Ahmad Dahlan tersebut mengandung makna....

A.      Bahwa setiap orang pasti akan menghadapi kematian dan hari akhirat, maka harus dipersiapkan dengan baik

B.      Sebuah semangat untuk menghadapi kematian yang akan menghantarkan ke surga

C.     KH. Ahmad Dahlan sangat takut dengan datangnya kematian dan hari akhirat

D.     Semangat untuk mencapai kehidupan akhirat yang baik dengan memperbanyak bekal ibadah, amal saleh dan membela agama Allah

E.      Bagi KH Ahmad Dahlan, kematian, pengadilan dan hisab adalah sesuatu yang biasa

24. Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) adalah usaha yang diselenggarakan persyarikatan Muhammadiyah untuk mencapai maksud dan tujuannya. Maka dalam melaksanakannya Muhammadiyah mendasarkan pada prinsip-prinsip yang terdapat dalam....

A.      Mukadimah Anggaran Dasar Muhammadiyah

B.      Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah

C.     Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah

D.     Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah

E.      Maksud dan Tujuan Muhammadiyah

 

 

 

 

 

 

 

25. Muhammadiyah menunjuk dan mengangkat pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah sebagai pelaksana, yang dalam tugasnya harus memperhatikan prinsip berikut....

A.      Pimpinan Amal Usaha memiliki hak mutlak mengelola amal usahanya tanpa ada campur tangan dari Pimpinan Persyarikatan Muhammadiyah

B.      Pergantian pimpinan Amal Usaha sepenuhnya menjadi kewenangan amal usaha yang bersangkutan dengan kurun waktu yang ditentukan sendiri

C.     Amal Usaha tidak harus dipimpin oleh profesional di bidangnya, selama ia adalah kader Persyarikatan

D.     Pimpinan Amal Usaha berhak mendapatkan nafkah sesuai ketentuan Pimpinan Persyarikatan tanpa memperhatikan aspek profesionalisme

E.      Pimpinan Amal Usaha berkewajiban melaporkan pengelolaan amal usahanya, khususnya keuangan kepada Pimpinan Persyarikatan

26. Macam-macam Amal Usaha Muhammadiyah sebagaimana tertuang dalam Anggaran Rumah Tangga (ART) pasal 3, Amal Usaha Muhammadiyah dalam bidang keagamaan berupa....

A.      Menanamkan keyakinan, memperdalam dan memperluas pemahaman, meningkatkan pengamalan, serta menyebarluaskan ajaran Islam dalam berbagai aspek kehidupan

B.      Meningkatkan harkat, martabat dan kualitas sumber daya manusia agar berkemampuan tinggi serta berakhlaq mulia

C.     Memajukan perekonomian dan kewirausahaan ke arah perbaikan hidup yang berkualitas

D.     Memelihara keutuhan bangsa serta berperan aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

E.      Meningkatkan semangat ibadah, jihad, zakat, infaq, wakaf, shadaqah  

27. Amal Usaha Muhammadiyah dalam bidang pendidikan sudah dirintis KH Ahmad Dahlan, bahkan sebelum beliau secara resmi mendirikan persyarikatan Muhammadiyah. Model pendidikan yang diselenggarakan Muhammadiyah memiliki ciri khusus berupa....

A.      Memisahkan antara pelajaran agama dengan pelajaran umum agar siswa lebih fokus pada satu bidang pelajaran

B.      Tidak lagi memisahkan pelajaran yang dianggap sebagai ilmu agama dengan pelajaran yang dianggap sebagai ilmu umum

C.     Siswa putri diwajibkan mengenakan jilbab dan siswa putra diwajibkan mengenakan celana panjang

D.     Menggunakan sarana belajar yang modern, seperti bangku, meja dan papan tulis

E.      Menggunakan metode pengajaran sebagaimana di pondok pesantren, dengan materi seperti yang diajarkan di sekolah umum

28. Amanat Anggaran Rumah Tangga (ART) Muhammadiyah untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, diwujudkan Muhammadiyah dalam amal usaha berupa....

A.      Lembaga Perekonomian Mikro

B.      Baitul Tamwil Muhammadiyah (BTM)

C.     Rumah Sakit Islam (RSI) ‘Aisyiyah

D.     Madrasah Mu’alimin Muhammadiyah

E.      Sekolah Dasar dan Menengah Muhammadiyah

 

29. Muhammadiyah bukan organisasi atau partai politik, tetapi sejarah mencatat kiprah tokoh-tokoh Muhammadiyah dalam gerakan politik kebangsaan cukup besar. Salah satunya ditunjukkan Muhammadiyah pada masa awal kemerdekaan Republik Indonesia adalah....

A.      Menyusun kabinet pertama bersama Presiden Soekarno

B.      Merumuskan Undang-undang Dasar 1945 bersama Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI)

C.     KH Mas Mansur ditunjuk sebagai tim perumus pembukaan UUD 1945

D.     Ikut memelopori berdirinya Partai Islam Indonesia dan mendukung berdirinya Partai Masyumi tahun 1945 sebagai partai yang memperjuangkan aspirasi ummat Islam

E.      Meminta kepada pemerintah penjajah Belanda agar urusan agama di Indonesia diserahkan kepada Muhammadiyah

30. Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2015-2020, Dr. H. Abdul Mu’ti,M.Ed., pernah menyatakan bahwa netralitas Muhammadiyah terhadap partai politik dapat ditempuh dengan meneguhkan khittah (garis perjuangan) dengan menjaga gerakan dari intervensi dan tarikan politik. (Tempo, Senin, 18 Februari 2019). Maka yang diterapkan Muhammadiyah adalah....

A.      Mendirikan partai politik sendiri agar Muhammadiyah tidak diintervensi partai politik lain

B.      Mendukung partai politik tertentu untuk memperjuangkan aspirasi Muhammadiyah

C.     Menjauhi partai politik agar Muhammadiyah terhindar dari intervensi dan tarikan partai politik tertentu

D.     Memberikan kebebasan kepada kader Muhammadiyah untuk berperan dalam berbagai organisasi politik

E.      Muhammadiyah melarang rangkap jabatan antara pimpinan Persyarikatan atau amal usaha dengan pimpinan partai politik

 

II.     Isilah titik-titik pada soal di bawah ini dengan jawaban singkat dan benar!

31.      Salah satu karakteristik yang dimiliki Perguruan Muhammadiyah adalah penerapan kurikulum ….

32.      Teks Janji Pelajar Muhammadiyah diawali dengan kalimat….

33.      Pelajar Muhammadiyah memiliki komitmen yang tinggi dalam menuntut ilmu sebagai bentuk kewajiban ibadah kepada Allah adalah cerminan Janji Pelajar Muhammadiyah butir ke….

34.      .....dan menolong sesama “ adalah teks Janji Pelajar Muhammadiyah butir kelima

35.      Kata Muhammadiyah secara bahasa berarti ...

36.      Aspirasi keagamaan KH Ahmad Dahlan mengantarkan beliau kepada pemahaman bahwa dakwah Islam hanya berhasil melalui .… sebagai alat perjuangannya

37.      Salah satu praktik kehidupan beragama yang menyimpang dan ingin diluruskan oleh Muhammadiyah adalah mengadakan bentuk ibadah baru di luar yang dituntunkan Rasulullah atau yang disebut dengan istilah….

38.      Tambahan mukadimah: sesuai dengan kepercayaan untuk mendirikan kemakmuran bersama seluruh Asia Timur Raya, pada rumusan Maksud dan Tujuan Muhammadiyah dilakukan pada masa….

39.      Untuk mendukung cita-cita pembaharuannya, KH Ahmad Dahlan mendirikan sekolah guru untuk laki-laki yang kemudian dikenal dengan nama ….

40.      Dasar Amal Usaha Muhammadiyah pada butir yang kedua menyebutkan bahwa hidup manusia….

 

III.     Jawablah pertanyaan di bawah dengan benar!

41.   Pelajar Muhammadiyah, sesuai dengan janjinya akan berjuang menegakkan ajaran agama Islam. Tuliskan satu contoh perilaku yang mencerminkan janji pelajar tersebut!

42.   Tema sentral yang diperjuangkan Muhammadiyah sejak awal ialah mengembalikan ajaran Islam kepada kemurniannya dari segala macam bentuk penyimpangan, salah satunya praktik khurafat. Tuliskan satu contoh perbuatan khurafat di tengah ummat Islam!

43.   Maksud dan Tujuan Muhammadiyah sebagaimana tercantum dalam Anggaran Dasar Muhammadiyah pasal 6 adalah menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Jelaskan rumusan tersebut melalui pengertian dari :

a.       Menegakkan agama Islam

b.       Menjunjung tinggi agama Islam

c.       Masyarakat Islam yang sebenar-benarnya

44.   Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah diangkat dan diberhentikan oleh Pimpinan Persyarikatan dalam kurun waktu tertentu. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut.

Gerakan dakwah Muhammadiyah dalam bentuk amal usaha, tidak hanya dilakukan dalam bidang keagamaan, pendidikan dan kemasyarakatan saja, tetapi juga dalam bidang politik kenegaraan. Tuliskan 3 hal yang dilakukan Muhammadiyah dalam bidang politik kenegaraan pada masa penjajahan s

No comments:

Post a Comment

tinggalkan komentar ^^

Kepemilikan /Kata Ganti ضمير

 Dhomir Kepunyaan ( Dhomir Munfasil )   جَمْعٌ ‏مُثَنَّى ‏ مُفْرَدٌ ضمير هُمْ هُم...