WELCOME TO Hiel'S BLOGGER

Tuesday, December 31, 2013

CONTOH RPP KURIKULUM 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM 2013

Nama Sekolah                    :    SMP NEGERI 1
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                   :    VII/1
A.Materi Pokok                  :   Cinta Ilmu Pengetahuan
B. AlokasiWaktu               :  (3 x 45 menit)
C. TujuanPembelajaran      
 Setelah mengikuti pembelajaran diharapkan peserta didik mampu:
1.      Membaca dan mengartikan Qur’an surat Ar-Rahman ayat 33
2.      Menyimpulkan Isi kandungan Qur’an surat Ar-Rahman ayat 33
3.      Menyebutkan tokoh-tokoh ilmuwan muslim minimal 5 orang serta memiliki sikap mencintai ilmu pengetahuan
D. Kompetensi Dasar
1.      Menghayati Al-Qur'an sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman.
2.      Membaca surat Ar-Rahman ayat 33 dengan tartil
3.      Menunjukkan hafalan surat Ar-Rahman ayat 33 dengan lancar.
4.      Memahami isi kandungan surat Ar-Rahman ayat 33 serta hadis yang terkait tentang menuntut ilmu.
5.      Menghargai perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari surat Ar-Rahman ayat 33
E. Indikator PencapaianKompetensi
1.      Menjelaskan hukum bacaan mad dalam surat Ar-Rahman ayat 33 dengan benar.
2.      Mendemontrasikan bacaan surat Ar-Rahman ayat 33  dengan tartil.
3.      Melafalkan hafalan surat Ar-Rahman ayat 33 dengan lancar.
4.      Menyebutkan arti surat Ar-Rahman ayat 33 serta hadis tentang menuntut ilmu.
5.      Menjelaskan makna isi kandungan surat Ar-Rahman ayat 33
6.      Menampilkan contoh perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi surat Ar-Rahman ayat 33
F. Materi Pembelajaran
1.      Hukum Bacaan Mad
a.    Pengertian Hukum Bacaan Mad
b.    Macam-Macam Hukum Bacaan Mad
2.      Identifikasi Hukum Bacaan Mad dalam surat Ar-Rahman ayat 33
3.      Bacaan Al Quran surat Ar-Rahman ayat 33
G. Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Scientific
2.    Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan  Direct Instruction Metode diskusi, drill, dan demontrasi
H.Media Pembelajaran
        1.               Media
a.         Video Pembelajaran
b.        CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
        2.               Alat
                               a.      Komputer
                               b.      LCD Projector
Kartu berpasangan (matching card) lafadz dan artinya.
I.SumberBelajar
1.         Kitab al-Quranul Karim dan terjemahnya, Depag RI
2.         Buku teks siswa PAI SMP Kelas VII
3.         Buku lain yang memadai.
J.Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan meminta peserta salah satu peserta didik untuk memimpin doa
2.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
4.      Guru mengaitkan materi pembelajaran dengan materi sebelumnya

10 menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
1.      Peserta didik diminta untuk menyimak  tayangan LCD tentang bacaan Qur’an Surat Ar-Rahman ayat 33 dan menirukan secara berulang-ulang sampai lancar.
2.      Salah satu siswa diminta menunjukkan bacaan Qur’an surat Ar-Rahman ayat 33, yang lain mencermati dan membenarkannya jika terjadi kesalahan.
3.      Setelah bacaan siswa sudah benar, selanjutnya siswa diminta berlatih mengartikan Qur’an surat Ar-Rahman ayat 33
b.   Menanya
1.      Melalui pemberian motivasi dari guru peserta didik diminta   bertanya terkait dengan bacaan Qur’an surat Ar-Rahman ayat 33 baik dari segi tajwid maupun artinya
2.      Peserta didik yang lain memberikan tanggapan 
c.    Mengexplorasi
1.        Secara berkolompok siswa diminta mendiskusikan untuk mengidentifikasi bacaan tajwid yang terdapat dalam  Qur’an surat Ar-Rahman ayat 33 dan menyimpulkan isi kandungan ayat tersebut.
2.        Di samping mendiskusikan ayat di atas, siswa diminta mencari contoh ilmuwan Islam minimal 5 tokoh yang menjadi berbagai disiplin ilmu.
d.   Asosiasi
1.      Anggota yang lain mengamati dan mendiskusikan untuk memberi penilaian
2.      Memilih diantara anggota kelompok yang paling bagus, fasih dan lancar untuk dijadikan model
3.      Memilih diantara temannya untuk menjadi Presenter, sekretaris dan pengamat
e.    Komunikasi
1.       Menyampaikan hasil diskusi tentang isi kandungan Qur’an surat tentang  Ar-Rahman ayat 33 sekaligus menunjukkan bacaan yang benar.
2.       Secara kelompok menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
3.       Peserta didik secara bergantian mempraktikkan membaca  surat Ar-Rahman ayat 33, dan menunjukkan arti ayat tersbut.
4.       Siswa menyimpulkan hasil diskusi dan guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi tersebut.

100 menit
3.
Penutup
1.      Guru dan peserta didik merefleksikan proses pembelajaran. 
2.    Mengadakan evaluasi
3.      Menyampaikan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan secara kelompok  
4.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

10    enit

K.Penilaian Hasil Pembelajaran
Jenis Penilaian: Tes dan Non Tes.
Bentuk penilaian tes: Soal Essay Terlampir.
Bentuk Penilaian non tes: Penilaian Sikap dan unjuk kerja.
Rubrik Penilaian Sikap dalam Mengikuti Diskusi
No
Nama Siswa
Aspek yang diamati
Keterangan
1
2
3
4
5









































































Aspek yang dinilai
1. Keaktifan
2. Kerjasama
3. Keberanian berpendapat
4. Keterbukaan terhadap pendapat orang lain
5. Sikap tanggung jawab
Skor penilaian :
                      Skor perolehan
Nilai   =                                      x  100
                       Skor Maksimal                               
Kriteria Nilai
A  =   80 – 100   :    Baik Sekali 
B  =   70 – 79     :    Baik
C  =   60 – 69     :    Cukup
D  =   ‹60           :    Kurang
Rubrik Penilaian Unjuk Kerja tentang Bacaan surat Ar-Rahman ayat 33
No.
Nama Peserta Didik
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
1

1
2
3
4

2






3






Dst.







Aspek yang dinilai:
a.       Kelancaran
1.      Jika peserta didik   dapat membaca surat Ar-Rahman dengan sangat lancar nilai = 30
2.      Jika peserta didik  dapat  membaca surat Ar-Rahman  lancar  nilai = 20
3.      Jika peserta didik tidak lancar membaca surat Ar-Rahman  = 10.
b.      Tajwidnya
1.         Jika peserta didik dapat  membaca surat Ar-Rahman dengan tartil = 30
2.         Jika peserta didik dapat membaca surat Ar-Rahman kurang tartil= 20
3.         Jika peserta didik tidak dapat membaca surat Ar-Rahman  dengan tartil = 10.
c.       Makhrajnya
1.    Jika peserta didik dapat  membaca surat Ar-Rahman dengan tartil = 30
2.    Jika peserta didik dapat membaca surat Ar-Rahman kurang tartil= 20
3.    Jika peserta didik tidak dapat membaca surat Ar-Rahman dengan tartil


Mengetahui,
Kepala SD.....




...............................................
NIP. ......................................
Surabaya, 27 Desember 2013 

Guru Mata Pelajaran PAI




   Drs.
   NIP. ........................................

No comments:

Post a Comment

tinggalkan komentar ^^

Kata Ganti ضمير

 Kata Ganti  ضمير جَمْعٌ ‏مُثَنَّى ‏مُفْرَدٌ ضمير هُمْ هُمَا هُوَ ...