WELCOME TO Hiel'S BLOGGER

Wednesday, March 9, 2022

BELAJAR SOAL KMD KELAS X

 

I.            Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) huruf A, B, C, D, atau E pada lembar jawaban yang tersedia !

 

1.  Perguruan Muhammadiyah merupakan amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah yang bergerak dibidang pendidikan. Selain menanamkan karakter, pendidikan dapat memberikan wawasan, menanamkan nilai dan akhlak karimah kepada anak usia sekolah. Dengan Pribadi beriman dan bertakwa merupakan langkah mengurangi kebodohan dan kemiskinan. Hal ini sesuai dengan salah satu fungsi perguruan Muhammadiyah sebagai ….

A. Media dakwah amar makruf nahi mungkar.

B. Media informasi dan komunikasi.

C.Wadah pengabdian warga dan anggota Muhammadiyah.

D. Tempat perkaderan Muhammadiyah.

E. Tempat bersosialisasi dan interaksi .

 

2.  Nama Muhammadiyah pada mulanya dusulkan oleh kerabat sekaligus sahabat K. H. Ahmad Dahlan yang bernama Muhammad Sangidu. Dia merupakan seorang Ketib Anom Keraton Yogyakarta dan tokoh pembaharuan yang kemudian menjadi penghulu Keraton Yogyakarta. Nama Muhammadiyah kemudian diputuskan K. H. Ahmad Dahlan setelah melalui sholat istikharah. Artinya untuk mendirikan Muhammadiyah memiliki dimensi spiritual tinggi sebagaimana tradisi Kyai atau dunia pesantren. Pemberian nama Muhammadiyah oleh K. H. Ahmad Dahlandiharapkan warga Muhammadiyah ……

A. Mendapat syafaat Nabi Muhammad SAW kelak di akhirat.

B. Mengikuti Nabi Muhammad SAW dalam segala perkataan dan tindakannya.

C.Menjadi penolong agama yang dibawa Nabi Muhammad SAW.

D. Memahami perilaku Nabi Muhammad SAW.

E. Memahami pemikiran Nabi Muhammad SAW.

 

3.  Perguruan Muhammadiyah merupakan amal usaha Muhammadiyah yang bergerak dibidang pendidikan. Mulai pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Perguruan Muhammadiyah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Jumlahnya terus bertambah dari tahun ke tahun. Berikut data perguruan Muhammadiyah tahun 2017.


No

Jenis Amal Usaha

Jumlah

1.

TK/TPQ

4.632

2.

Sedkolah Dasar (SD/MI)

2.252

3.

Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTS)

1.111

4.

Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK/MA)

1.291

5.

Pondok Pesantren

61

6.

Perguruan Tinggi

171

7.

Sekolah Luar Biasa (SLB)

71

Hitunglah berapa jumlah amal usaha Muhammadiyah di tingkat SD, SMP dn SMA pada tahun 2017…..

A. 4.564

B. 4.565

C. 4.654

D. 5.464

E. 5.646

 

4.  Amal usaha pendidikan Muhammadiyah bertujuan mendidik sumber daya manusia yang mampu menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam dan menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi. Pernyataan yang sesuai dengan tujuan perguruan Muhammadiyah tersebut tersebut adalah …..

A.  Muhammadiyah mendirikan sekolah umum dengan memasukkan kurikulum Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

B.  Muhammaadiyah mendirikan pesantren dengan memasukkan ilmu-ilmu agama.

C.    Muhammadiyah mendirikan universitas dengan mengadakan program pengabdian masyarakat (KKN).

D.  Muhammadiyah mendirikan sekolah umum dengan memberikan bea siswa kepada siswa kurang mampu.

E.  Muhammadiah mendirikan sekolah tinggi ilmu keperawatan yang bekerjasama dengan rumahsakit pemerintah.

 

5.  Muhammadiyah bukan organisasi atau pergerakan biasa, tetapi pergerakan dakwah. Artinya segala gerakannya selalu dakwah-minded, yakni berjiwa berpemikiran dan bertindak dakwah. Muhammadiyah selalu mengajak orang kepada jalan Allah, mengajak kepada ajaran Islam, menyuruh pada hal-hal makruf dan mencegah dari yang mungkar.Melalu perguruan Muhammadiyah, gerakan dakwah terimplementasi dalam sistem pengajarannya, yaitu ….

A. Sumber daya guru Muhammadiyah sama dengan guru negeri.

B. menjadikan kurikulum AIK di seluruh SMA Muhammadiyah.

C.Sistem pendidikan Muhammadiyah sejajar dengan sistem pendidikan pesantren.

D. Sistem pendidikan Muhammadiyah tidak sama dengan sistem pendidikan nasional.

E. Sistem pendidikan Muhammadiyah sejajar dengan sistem pendidikan nasional.

 

6.  Komitmen yang diucapkan dan diamalkan oleh seluruh pelajar Muhammadiyah dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas di perguruan Muhammadiyah merupakan pengertian dari

….

A. Ikrar Pelajar Muhammadiyah.

B. Kesepakatan bersama pelajar Muhammadiyah.

C.Komitmen bersama Pelajar Muhammadiyah.


D. Janji Pelajar Muhammadiyah.

E.  Nota Kesepahaman Muhammadiyah.

 

7.  SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo mengadakan Daurah Tahsin. Acara ini mengkaji pentingnya membaca al-Qur’an dengan tartil dan benar sesuai makharijul huruf dan hukum bacaan tajwid. Hal itu karena bacaan yang tartil bertujuan untuk menghindari kesalahan yang bisa mengubah arti dan makna al-Qur’an. Selain itu, untuk melatih membaca al-Qur’an yang baik dan menambah wawasan tentang sejarah al-Qur’an. Kegiatan penguatan keislaman melalui gerakan menghafal al-Qur’an sesuai dengan janji pelajar Muhammadiyah yang berbunyi …..

A. Hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.

B. Berjuang menegakkan ajaran agama Islam.

C.Bekerja keras, mandiri dan berprestasi.

D. Siap menjadi kader Muhammadiyah dan bangsa.

E. Bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu.

 

8.  Salah satu butir janji pelajar Muhammadiyah adalah hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. Menurutmu perilaku pelajar yang sesuai dengan hal itu adalah ….

A. Mengikuti orang tua ketika mengajak sholat berjamaah ke masjid.

B. Menolak ajakan orang tua saat berkunjung ke rumah saudara.

C.Menunda pembayaran SPP yang dititipkan orang tua.

D. Tidak memperhatikan guru ketika pembelajaran berlangsung.

E. Begadang bersama teman-teman meski dilarang orang tua.

 

9.  Di Wisuda Purnasiswa ke-54 SMA Muhammadiyah (Smamsatu) Gresik, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr H Sandiaga Salahuddin Uno berpesan agar tetap berjuang mengembangkan kreatifitas di tengah segala keterbatasan akibat pandemi Covid-19.Karena pembangunan sumber daya manusia (SDM) adalah kunci kemajuan Indonesia di masa depan. SDM Unggul memiliki korelasi yang erat dengan peningkatan produktifitas kerja dalam memenangkan persaingan dalam dunia bisnis, ekonomi, politik dan budaya.Bangsa Indonesiamenggantungkan harapan besar kepada kalian untuk mengisi pos-pos angkatan kerja sehingga nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Mengembangkan kreatifitas di tengah Pandemi Covid-19 dapat dilakukan oleh pelajar Muhammadiyah dengan cara …

A. Menekuni bakat dan minat selama bersekolah secara virtual.

B. Mempelajari mata pelajaran yang disukai saja.

C.Mengikuti pembelajaran dengan ikhls dan sungguh-sungguh.

D. Tidak suka dengan tugas presentasi.

E. Hanya menyukai pembelajaran berbasis proyek.

 

10.  Setiap pelajar Muhamadiyah diikat dengan sebuah janji yang tertuang dalam janji pelajar Muhammadiyah. Di bawah ini merupakan salah satu pengamalan janji pelajar Muhammadiyah untuk bekerja keras, mandiri dan berprestasi adalah ….

A.  Membiasakan diri untuk mengucapkan salam atau permisi ketika melewati sekumpulan orang.

B.  Selalu berupaya untuk membaca buku pelajaran, mengerjakan PR sendiri dan membantu pekerjaan orang tua.

C.Turut berbelasungkawa dan memberi sumbangan pada korban bencana alam.


D. berusaha untuk ikut berdakwah menyebarkan Islam di masyarakat dengan terjun langsung ke lapangan.

E. Senantiasa bersikap sopan santun dan ramah ketika berkomunikasi dengan orang lain.

 

11.  Pelajar Muhammadiyah memiliki semangat jihad dalam setiap hal. Bersungguh-sungguh dalam menjalani kehidupan sebagai pelajar. Maka berjihad akan melahirkan sikap kemandirian dan menghasilkan prestasi yang gemilang. Contoh sikap pelajar Muhammadiyah yang mandiri adalah

…..

A. Tidak menyalin pekerjaan orang lain.

B. Mendengarkan nasehat guru dengan baik.

C.Mentaati peraturan sekolah.

D. Membantu teman yang sedang kesulitan ekonomi.

E. Tidak mengganggu teman.

 

12.  Ahmad Diradj Mahardika, siswa SMP Muhammadiyah Kotabarat Surakarta berhasil menyabet medali  emas  dalam  ajang  New   Zealand  Open           International E-Karate Championship 2021 kategori Intermediate Male U-14 Individual Kata secara online.Prestasi ini menjadi kado bagi sekolah saat merayakan Hari Olah Raga Nasional yang diselenggrakan pada 9 September 2021. Menurut Ahmad, Medali ini adalah medali ke-13 sejak dia duduk di bangku SD hingga SMP. Perilaku yang ditunjukkan oleh Ahmad Diradj Mahardika mencerminkan janji pelajar Muhammadiyah yang berbunyi :Bekerja Keras, Mandiri dan Berprestasi, karena

A. Memiliki semangat menuntut ilmu dan hormat pada pelatih.

B. Mempunyai pribadi yang mandiri.

C.Belajar dengan sungguh-sungguh dan berprestasi.

D. Menghormati pelatih sebagai guru.

E. Rela berkorban waktu dan tenaga agar prestasi.

 

13.  Perhatikan pernyataan erikut

1)       Azka memberikan kesempatan kendaraan dari arah depan untukmenyeberang terlebih dahulu.

2)       Zeeda menulis essay hingga larut malam agar bisa mengikuti lomba atas nama sekolah.

3)       Aini mempesilahkan seorang ibu hamil untuk duduk di kursi dalam perjalanan di sebuah bus.

4)       Dito menyuarakan kebenaran dalam presentasi antar sekolah.

5)       Amir menyisihkan uang jajanagar bisa memberi sumbangan korban bencana alam.

6)       Ilham membersihkan sampah yang ditemuinya dalam perjalanan pulang Yang merupakan sikap sesuai janji pelajar ‘Rela berkorban demi sesama’ adalah A. 1, 2, 3 dan 4.

B. 1, 2, 4 dan 5.

C. 2, 3, 4 dan 6.

D. 2, 4, 5 dan 6.

E. 1, 3, 5 dan 6.

 

14.  KH Ahmaad Dahlan pernah berpesan,” Muhammadiyah pada masa sekarang berbeda dengan Muhammadiyah pada masa mendatang. Karena itu hendaklah muda-mudi Muhammadiyah terus menjalani dan menempuh pendidikan serta menuntut ilmu pengetahuan dimana dan ke mana saja. Menjadilah dokter, sesudah itu kembalilah kepada Muhammadiyah. jadilah master,


insinyur   lalu   kembalilah  kepada  Muhammadiyah.”  Pesan itu ditujukan kepada pelajar Muhammadaiyah agar…..

A. Rela berkorban danmenolong sesama.

B. Siap menjadi kader Muhammadiyah dan bangsa.

C.Berjuang menegakkan ajaran agama Islam.

D. Hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.

E. Bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu.

 

15.  Muhammadiyah merupakan organisasi yang terus berkembang tidak hanya di Indonesia. Saat ini Muhammadiyah sudah memiliki Pimpinan Cabang Istimewa di beberapa negara. Misalnya di Malaysia, Mesir, Yaman, Hongaria dan Amerika Serikat. Secara bahasa/etimologi, Muhammadiyah memiliki pengertian ……

A. Semua orang yang mengakui dan meyakini bahwa Nabi Muhammad SAW adalah hamba dan Rasul Allah terakhir.

B. Semua orang yang tidak mengakui dan meyakini bahwa Nabi Muhammad SAW adalah hamba dan Rasul Allah terakhir.

C. Semua orang yang menjunjung tinggi dan menegakkan agama yang dibawa atau disampaikan Nabi Muhammad SAW.

D. Semua orang Islam yang menyampaikan atu mendakwahkan agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad.

E. Semua orang Islam yang mengakui dan meyakini bahwa Nabi Muhammad SAW adalah hamba dan Rasul Allah terakhir.

 

16.  Muhammadiyah berdiri pada 8 Dzulhijjah 1330 H. Ada beberapa faktor yang mendorong K. H. Ahmad Dahlanuntuk mendirikan Muhammadiyah. Diantaranya ada beberapa ayat al-Qur’an yang menginspirasi berdirinya Muhammadiyah. Salah satu ayat yang menjadi latar belakang berdirinya Muhammadiyah adalah …..

A. Q.S. Ali Imran 110.

B. Q.S. Ali Imran 104.

C.Q.S. Al-Maidah 104.

D. Q.S. Lukman 12.

E. Q.S. Al-Maun.

 

17.  Muhammadiyah didirikan di Kampung Kauman Yogyakarta pada tanggal 18 November 1912 oleh Muhammad Darwis atau dikenal dengan Kyai Haji Ahmad Dahlan.Kelahiran Muhammadiyah sebagai sebuah organisasi untuk mengaktualisasikan gagasan-gagasannya merupakan hasil interaksi K. H. Ahmad Dahlandengan teman-teman Budi Utomo.Dimana teman-teman Budi Utomo tertarik dengan masalah-masalah agama yang diajarkan oleh K. H. Ahmad Dahlan. Gagasan itu juga merupakan saran dari salah seorang siswa K. H. Ahmad Dahlan agar kegiatan pendidikan yang dirintisnya harus diurus dalam bentuk organisasi.Selain itu, melihat keadaan umat Islam pada waktu itu membuat K. H. Ahmad Dahlantergerak hatinya untuk mengajak mereka kembali kepada ajaran Islam yang sebenarnya berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits.

Faktor umat Islam yang menjadi latar belakang berdirinya Muhammadiyah adalah …

A. Meningkatnya aktifitas misi kristen.

B. Tidak efektifitasnya lembaga-lembaga pendidikan Islam.

C.Pemerintah Belanda lebih memperhatikan sekolah Kristen.

D. Umat Islam memikirkan kemerdekaan dari pemerintah Belanda.


E. Umat Islam pada waktu itu dalam keadaan penuh dengan amalan-amalan yang berbentuk mistik.

 

18.  K. H. Ahmad Dahlandikenal sebagai peletak dasar pendidikan modern di Indonesia. K. H. Ahmad Dahlanmemainkan peran yang amat penting dan trategis dalam melakukan modernisasi pendidikan Islam di Indonesia. Gagasan K. H. Ahmad Dahlan tentang pendidikan berawal dari ketidakpuasan ketika melihat dualisme pendidikan, yaitu sistem pendidikan Islam yang berbasis di pesantren dan sistem pendidikan Barat yang berbasis di sekolah-sekolah yang dikelola pemerintah Belanda.K. H. Ahmad Dahlan memberikan penilaian yang tinggi terhadap ilmu pengetahuan yang diajarkan di sekolah Belanda tetapi juga menghargai ilmu agama yang terdapat dalam lembaga pendidikan pesantren.

Menurut bacaan di atas, faktor yang melatar belakangi berdirinya Muhammadiyah adalah ….

A. Lembaga pesantren yang mengajarkan ilmu agama lebih diminati.

B. Sekolah Kristen Belanda lebih maju dan modern.

C.Lembaga pendidikan yang masih memisahkan ilmu agama dengan ilmu umum.

D. Sekolah Barat yang lebih modern dalam manajemen.

E. Masyarakat Jawa yang kurang memperhatikan pendidikan.

 

19.  Upaya K. H. Ahmad Dahlan dalam mencerdaskan umat Islam melalui pembaharuan pendidikan . dengan medirikan sekolah yang memiliki kualitas setara dengan sekolah Belanda adalah salah satu strategi untuk membendung arus Kristenisasi yang berawal di Jawa dan sekitarnya. Ini adalah cara bersaing secara sehat tanpa menebar benih permusuhan dengan pihak Kristen.  Oleh karena itu, lahirnya Muhammadiyah juga dilatar belakangi faktor …..

A. Berdirinya sekolah-sekolah Kristen.

B. Belanda lebih memperhatikan rumah sakit Kristen.

C.Bantuan makanan sebagai upaya Kristenisasi

D. Meningkatnya arus misi Kristen

E. Eksploitasi kekayaan alam dan upaya pembodohan.

 

20.  Maksud dan tujuan berdirinya Muhammadiyah mengalami beberapa perubahan redaksional untuk meyesuaikan dengan kondisi yang terjadi. Meski demikian, bukan berarti isi dan jiwanya ikut berubah, karena rumusan-rumusan itu pada hakekatnya tetap sama.

Perhatikan rumusan redaksional berikut : Sesuai dengan kepercayaan untuk mendirikan kemakmuran bersama seluruh Asia Timur Raya di bawah piimpinan Dai Nippon dan memang diperintahkan Tuhan Allah, maka perkumpulan ini, pertama, hendak menyiarkan agama Islam serta melatihkan hidup yang selaras dengan tuntunannya. Kedua, hendak melakukan pekerjaan kebaikan umum. Ketiga, hendak memajukan pengetahuan dan kepandaian serta budi pekerti baik kepada anggota-anggotanya. Kesemuanya itu ditujukan untuk berjaya mendidik masyarakat ramai.

Rumusan maksud dan tujuan berdirinya Muhammadiyah tersebut di tulis…..

A. Pada masa pendudukan Jepang.

B. Pada masa orde Lama.

C.Pada masa kolonialisme Belanda.

D. Pada masa kemerdekaan Indonesia.

E. Pada masa reformasi.


21.  Muhammadiyah meyakini bahwa agama Islam adalah satu-satunya agama yang benar di sisi Allah SWT yang tertulis dalam QS. Ali Imran ayat 19: Sesungguhnya agama di sisi Allah adalah Islam”. Jadi Agama Islam menurut paham Muhammadiyah adalah …..

A. Agama yang diturunkan Allah SWT kepada semua Nabi dan Rasul-Nya.

B. Kepercayaan kepada Sang Hyang Widi sebagai pencipta.

C.Semua agama yang membawa dan menyuruh berbuat kebaikan.

D. Ajaran Tuhan yang ditujukan kepada Bani Israil saja.

E. Kepercayaan dan keyakinan yang dibawa setiap pemimpin agama.

 

22.  Muhammad Darwis sejak kecil dididik dalam lingkungan pesantren dan menimba ilmu pengetahuan agama serta Bahasa Arab. Ia menunaikan ibadah haji ketika berusia 15 tahun. Dilanjutkan dengan menuntut ilmu agama dan Bahasa Arab di Mekah selama 5 tahun. Disinilah ia berinteraksi dengan tokoh-tokoh pembaharu dalam dunia Islam, seperti Muhammad Abduh, al-Afghani, Rasyid Ridha dan Ibnu Taimiyah.

Pemikiran tokoh-tokoh tersebut memiliki pengaruh yang besar pada Muhammad Darwis. Dan kelak semangat pembaharuan Islam itu mewarnai corak dakwah Muammadiyah di Indonesia.

Gerakan pembaharuan atau purifikasi yang dilakukan oleh Muhammadiyah tidak lepas dari …..

A. Pengetahuan ketika menuntut ilmu di pesantren.

B. Interaksi dengan para ulama Timur Tengah.

C.Pemikiran tokoh-tokoh pembaharuan dunia Islam.

D. Pengaruh KampungKauman ketika Muhammadiyah didirikan.

E. Kondisi umat Islam yang terjajah hampir di seluruh dunia.

 

23.  Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) merupakan milik persyarikatan. Dan persyarikatan bertindak sebagai badan hukum dari seluruh amal usaha itu, sehingga semua bentuk kepemilikan persyarikatan hendaknya dapat diinventarisasi dengan baik dan dilindungi dengan bukti kepemilikan yang sah menurut hukum yang berlaku. Karena itu setiap pimpinan dan pengelola AUM berkewajiban menjadikan AUM dan pengelolaannya secara keseluruhan sebagai amanat umat yang harus ditunaikan dan dipertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya.

Hal itu karena dalam melaksanakan usahanya, Muhammadiyah mendasarkan segala gerak dan amal usahanya di atas prinsip-prinsip yang termaktub dalam Muqaddimah Anggaran Dasar, yaitu

A. Amal usaha adalah milik Persyarikatan Muhammadiyah.

B. Amal usaha adalah salah satu usaha mencapai maksud dan tujuan Muhammadiyah.

C.Amal usaha adalah bentuk amanah umat dalam beragama.

D. Menegakkan agama Islam adalah kewajiban ibadah kepada Allah.

E. Hidup manusia berjiwa sosial dan tolong-menolong.

 

24.  Salah satu usaha Muhammadiyah melaksanakan maksud dan tujuan berdiri Muhammadiyah adalah membangun amal usaha. Setiap amal usaha memiliki badan hukum dan dikelola oleh pimpinan beserta jajarannya. Salah satu tugas pimpinan amal usaha Muhammadiyah adalah ….

A. Melaporkan keuangan dengan penuh tanggungjawab kepada pimpinan pusat.

B. Mencari nafkah dan penghasilan pribadi sebanyak-banyaknya.

C.Membuat aturan dengan mementingkan diri sendiri.

D. Mengembangkan amal usaha dengan mengesampingkan tata tertib pimpinan pusat.

E. Memperbaharui sarana fisik demi keuntungan pribadi.


25.  Tugas-tuga Pimpinan Muhammadiyah sangat banyak dan kompleks. Dengan jumlah anggota yang besar dan tersebar di seluruh nusantara bukanlah tugas yang kecil untuk dilaksanakan. Pimpinan mengemban tugas yang berat untuk mewujudkan maksud dan tujuan Muhammadiyah. Oleh karena itu Muhammadiyah membentuk majelis dan lembaga, badan dan biro Muhammadiyah. Latar belakang berdirinya majelis, lembaga, ortom dan biro Muhammadiyah adalah

A. Mengkaji dan memperdalam ajaran Islam.

B. Meningkatkan semangat beribadah dan bertauhid kepada Allah.

C.Menanamkan keyakinan dan menyebarluaskan ajaran Islam dalam semua aspek kehidupan.

D. Memajukan kesejahteraan warga Muhammadiyah.

E. Membangun dan memperluas dakwah Muhammadiyah.

 

No comments:

Post a Comment

tinggalkan komentar ^^

Kepemilikan /Kata Ganti ضمير

 Dhomir Kepunyaan ( Dhomir Munfasil )   جَمْعٌ ‏مُثَنَّى ‏ مُفْرَدٌ ضمير هُمْ هُم...