WELCOME TO Hiel'S BLOGGER

Saturday, November 25, 2017

SOAL CERDAS CERMAT ( III )





SOAL CERDAS CERMAT

Soal Cerdas cermat Olimpiade Agama Islam untuk semua jenjang mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA.





1.                 Huruf-huruf idgham yang 5 terkumpul dalam kalimat يرملون , terbagi kepada dua macam. Apakah 2 macam idgham tersebut ? (Bigunnah dan Bilagunnah)
2.                  Sesuai dengan yang disepakati para Ulama Tajwid, bahwa tingkatan mad terbagi kepada 5 tingkat sebutkan ke 5 tingkatan itu secara berurutan ! (Mad Lazim,M. Aridh,M. Wajib,M.Jaiz, M. Badal)
3.                  Ada berapakah tingkatan-tingkatan gunnah dilihat dari kesmpurnaan gunnahnya ? (ada 3. 1. Gunnah Musyaddadah 2. Ikhfa 3. Idgham)
4.                  Ikhfa Haqiqi terbagi kepada 3 tingkatan, Aqrob, Ausath dan Ab’ad. Huruf apa sajakah yang termasuk dalam Ikhfa Ausath ? (ث,ج,ذ,ز,س,ش,ص,ض,ظ,ف)
5.                  Kalimat apakah yang mengandung semua huruf Isti’la ? (خص ضغط قظ )
6.                  Terkumpul dalam kalimat apakah huruf-huruf ikhfa ? (صف ذا ثنا كم جاد شخص قد سما دم طيبا زد فى تقى ضع ظالما)
7.                  Menurut imam Jazari wakaf Iktiariy terbagi kepada 3 bagain. Sebutkan 3 bagian wakaf tersebut ! (Wakaf Tam, Wakaf Kafi dan Wakaf Hasan)
8.                  Ilmu yang dipelajari untuk mengetahui tata cara membaca kata atau kalimat dalam Al Qur’an sekaligus perbedaan yang disandarkan kepada para imam yang menyampaikan kepada kita. Definisi ini adalah definisi untuk ? (Ilmu Qiro’at)
9.                  Para Ulama Qiro’at membagi Qiro’at kepada 6 macam. Sebutkan 3 diantaranya ! (Qiro’at Mutawatir, Q. Masyhur, Q. Ahad, Q. Syadz, Q. Maudlu, dan Q. Mudraj)
10.              Qiro’at yang diriwayatkan oleh sekelompok orang banyak dari kelompok yang banyak yang tidak mungkin berdusta. Ini merupakan definisi untuk jenis Qiro’at ? (Qiro’at Mutawatir)
11.              Sebutkan 4 nama Imam Qiro’at dalam Qiro’at Sab’ah (Qiro’at Tujuh) ! (Nafi’, Ibnu Katsir, Abu Amr, Ibnu Aamir, ‘Ashim, Hamzah dan Al Kisa’i)
12.              Jenis Qiro’at apakah yang banyak dipraktekan di Indonesia ? (Qiro’at ‘Ashim, Riwayat Hafsh, Thariq As Syatibyah)

No comments:

Post a Comment

tinggalkan komentar ^^

Kata Ganti ضمير

 Kata Ganti  ضمير جَمْعٌ ‏مُثَنَّى ‏مُفْرَدٌ ضمير هُمْ هُمَا هُوَ ...