WELCOME TO Hiel'S BLOGGER

Wednesday, January 1, 2014

PRAKTEK INSTRUMENT EVALUASI PEMBELAJARAN


Satuan pendidikan                  : SMP
Mata pelajaran Akhlak            : Akhlak
Kelas                                       : VII
Standar Kompetensi               : Membiasakan diri mensyukuri nikmat Allah
Kompetensi Dasar                   :      1. Menjelaskan arti dan makna syukur
2. Memberikan contoh dan mempraktekkan prilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari
Indikator                                 :   
1.      Siswa dapat  menjelaskan  arti dan makna syukur
2.      Siswa dapat menunjukkan dalil mensyukuri nikmat Allah
3.      Siswa dapat menunjukkan contoh prilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Siswa dapat menampilkan  diri  dengan prilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari

A.    Penilaian Tes
1.      Tes obyektif
a)      Multiple Choice
Indikator : Siswa dapat menjelaskan  arti dan makna mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari
1.      Berterima kasih atas segala nikmat dan rahmat Allah adalah termasuk sikap yang mencerminkan  . . .
a.    Taat pada Allah                                  c. Musrik
    1. Mensyukuri nikmat Allah                   d. teguh pendirian
2.      Allah berjanji kepada siapa saja yang mensyukuri nikmatnya. Ungkapan ini terdapat pada surat . . .
a.       Ibrahim : 7                               c. Al-Kahfi : 102
b.      Al-Baqarah : 45                       d. Al-kafirun : 2
3.      Berikut ini termasuk prilaku mensyukuri nikmat Allah yang benar, kecuali. . .
a.       Mengucap Hamdalah setelah menerima rezeki
b.      Membuang makanan
c.       Menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya
d.      Memelihara alam dan tidak merusak
4.      Apabila kita mendapat rezeki, sebaiknya kita mengucapkan . . .
a.       Hamdalah                                c. Astagfirullah
b.      Bismillah                                 d. Naudzubillah
5.      Berikut ini adalah salah beberapa tahapan dalam mensyukuri nikmat Allah, kecuali .. .
a.       Syukur dengan lisan
b.      Syukur dengan anggota badan
c.       Syukur dengan hati
d.      Syukur dengan hinaan

      Penskoran

No.
Kunci Jawaban
Skor
1
B
2
2
A
2
3
B
2
4
A
2
5
D
2

Skor maksimum
10

Setiap bobot  jawaban yang benar adalah 2

Nilai =     x 100  
Hana  dalam soal multiple choice tersebut, ternyata dapat menjawab soal dengan benar sebanyak 4, berarti skor Hana adalah 8, maka nilai  Hana adalah . . .
No.
 Jawaban
Skor
1
C (SALAH)
0
2
A
2
3
B
2
4
A
2
5
D
2

Jumlah skor
8

Skor maksimum
10
Nilai  =    x 100 = 80

a)      Menjodohkan
Indikator : Siswa dapat menunjukkan contoh prilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari
a. Lisan
b. Bersyukur
c. tercela
d. Anggota badan
e. Hamdalah
 
Jodohkan soal-soal berikut ini dengan tepat!
1.      Ucapan setelah mendapat rezeki . . .
2.      Membung-buang makanan termasuk sifat. . .
3.      Kita meningkatkan Ibadah termasuk syukur dengan. . . 
4.      Kita mengucapkan hamdalah termasuk syukur dengan  . ..
5.      Jika mengucapkan Hamdalah termasuk sikap . . .                        
Penskoran
No.
Kunci Jawaban
Skor
1
E
2
2
C
2
3
D
2
4
A
2
5
B
2

Skor maksimum
10


Setiap bobot  jawaban yang benar adalah 2
Hana dalam soal menjodohkan tersebut, ternyata dapat menjawab soal dengan benar sebanyak 3, berarti skor Hana 6, maka nilai Hana adalah . . .
No.
 Jawaban
Skor
1
E
2
2
D (SALAH)
0
3
C ( SALAH)
0
4
A
2
5
B
2

Jumlah skor
6

Nilai =    x 100
Nilai  =        x 100 = 60

c)  Benar-Salah
Indikator : Siswa dapat menunjukkan contoh prilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari.
(. . .)
(. . .)
(. . .)
(. . .)
(. . .)
 
Isilah soal-soal di bawah ini dengan pernyataan salah atau benar sesuai jawaban yang sesuai!
1.      Mengucapkan hamdalah setelah makan…...
2.      Boleh mencela ciptaan Allah.
3.      Kita harus bersyukur setelah mendapat rezeki
4.      Menghambur-hamburkan uang sifat baik
5.      Merusak lingkungan di sekitar kita                                  
Penskoran
No.
Kunci Jawaban
Skor
1
B
2
2
S
2
3
B
2
4
S
2
5
S
2

Skor maksimum
10







Setiap skor jawaban yang benar adalah 2
Hana  dalam soal Benar-salah tersebut, ternyata dapat menjawab soal dengan benar sebanyak 4, berarti skor Hana 8 (4x2), maka nilai Hana adalah . .
Nilai =  x 100
Nilai  =        x 100 = 80
2.  Tes Subyektif
Soal Uraian.
Indikator : Siswa dapat menunjukkan dalil  serta contoh mensyukuri nikmat Allah
1.   Sebutkan 3 tahapan ungkapan dalam rasa bersyukur !
2.   Bagaimana bentuk rasa bersyukur terhadap nikmat Allah?
3.   Tulislah dalil naqli tentang mensyukuri nikmat Allah !
Penskoran
No soal
Tingkat kesukaran
Jawaban
Skor (x)
Bobot (B)
XB
1.       
Mudah
Benar
10
3
30
2.       
Sedang
Benar
10
4
40
3.       
Sukar
Benar
10
5
50

Jumlah

30
12
120

Hana dalam soal  uraian tersebut, ternyata dapat menjawab soal dengan benar sebanyak 2 nomor pada nomer 1 dan nomer 3, berarti skor Hana adalah….
No soal
Tingkat kesukaran
Jawaban
Skor (x)
Bobot (B)
XB
1.       
Mudah
Benar
10
3
30
2.       
Sedang
Salah
0
4
0
3.       
Sukar
Benar
10
5
50

Jumlah

20
12
80
Rumus skor = 
Maka skor Hana adalah  = 6
Nilai =  x 100
Nilai =   x 100 = 50
B.     Penilaian Non Tes
1.      Penilaian Unjuk Kerja
Indikator : Siswa dapat menjelaskan arti dan makna syukur
No
Aspek yang dinilai
Skor
1.
Kelancaran menjelaskan Arti kata syukur
Lancar = 3 , kurang = 2
0-5
2.
Kelancaran menjelaskan makna syukur
Lancar = 3 , kurang = 2
0-5

Skor maksimum
0-10
Lembar Penilaian
No
Nama siswa
1
2
Jumlah
Nilai
1
Oma
3
2
5
83
2
Hana
3
3
6
100
3
Sari
2
2
4
67
Keterangan:
1 = Kelancaran menjelaskan Arti kata syukur
2 = Kelancaran menjelaskan makna syukur
Nilai Rohmani =     x 100
                                    =   x 100 = 83
Nilai Hana       =     x 100
                                    =   x 100 = 100
Nilai Sari         =     x 100  
=    x 100 = 67

2.  Proyek
Indikator : Siswa dapat menampilkan  diri  dengan prilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari
a.       Buatlah laporan yang isinya tentang perilaku mensyukuri nikmat Allah di sekolah
b.      Persiapkan lembaran kertas untuk laporan secara individu
c.       Kertas laporan berisi tentang  Nama teman, prilaku mensyukuri yang di lakukan, prilaku tidak mensyukuri yang di lakukan,
d.      Amati teman-temanmu secara diam-diam selama 2 hari di sekolah
e.       Tulislah mana sikap temanmu yang mensyukuri nikmat Allah dan mana yang tidak termasuk mensyukuri nikmat Allah
NO.
ASPEK-ASPEK YANG DINILAI
SKOR
1
Kebenaran contoh yang ditulis

2
Kerapian tugas lembaram

3
Tahap Pembuatan Tugas

4
Tahap Praktek Pelaksanaan

5
Tahap Pengumpulan Tugas

Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
Nilai =  x 100

3.  Produk
Indikator : Siswa dapat menampilkan  diri  dengan prilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari
a.       Bagilah siswa menjadi 5 kelompok
b.      Buatlah drama singkat tentang contoh-contoh perilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari
NO.
ASPEK-ASPEK YANG DINILAI
SKOR
1
Kerjasama / kekompakan

2
Penghayatan karakter

3
Ide Cerita

4


Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
Nilai =  x 100

3.   Penilaian Jurnal
Indikator:
Siswa dapat menunjukkan contoh prilaku mensyukuri nikmat Allah yang benar dan salah dalam kehidupan sehari-hari.
JURNAL PENILAIAN SIKAP
Nama  : Hana
Kelas   : VII A
No
Hari/ Tanggal
Sikap/perilaku


Keterangan


Positif                   
Negatif

1
Senin / 11
Bersedekah pada fakir miskin

Mengolok-olok teman yang kekurangan
 Masih belum bisa menunjukkan contoh prilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari
2
Selasa / 12
Mengucapkan hamdalah ketika menerima nilai bagus
Merusak tanaman di taman
Masih belum bisa menunjukkan contoh prilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari
3
Rabu / 13
Mengucapakan hamdalah dan memuji makanan yang dihidangkan
Tidak menghabiskan makanan yang sudah diambil
Masih belum bisa menunjukkan contoh prilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari
 Kesimpulan:
Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa belum bisa menunjukkan contoh prilaku mensyukuri nikmat Allah yang benar dan salah dalam kehidupan sehari-hari, karena terdapat negatifnya dalam menunjukkannya dalam kehidupan sehari.

3.   Penilaian Diri
Indikator:
Siswa dapat menampilkan  diri  dengan prilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari
Cobalah kamu mengadakan intropeksi, sudahkah kamu menerapkan prilaku mensyukuri nikmat Allah seperti di bawah ini dengan memberi tanda check list (√)
no
Aspek
Sudah
Belum
Kadang-kadang
1
Mengucapkan hamdalah setelah makan



2
Bersedekah pada orang yang membutuhkan



3
Bersyukur setelah mendapat nikmat dari Allah



4
Menghabiskan makanan dan tidak memubadzirkannya




5
Meningkatkan ibadah sebagai tanda rasa syukur pada Allah.



Kesimpulan:
Hana dalam penilaian diri yang menggunakan check list di atas dapat disimpulkan bahwa dia masih kurang menerapkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari, karena dalam menerapkan masih banyak “kadang-kadang” dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

No comments:

Post a Comment

tinggalkan komentar ^^

Kata Ganti ضمير

 Kata Ganti  ضمير جَمْعٌ ‏مُثَنَّى ‏مُفْرَدٌ ضمير هُمْ هُمَا هُوَ ...