WELCOME TO Hiel'S BLOGGER

Sunday, January 27, 2013

Pemuda Mempunyai Potensi yang Sangat Besar, namun Problematika yang dihadapinya juga sangat kompleks. Pandangan Tentang peran Pemuda dalam Mempersiapkan Generasi Nasional untuk Mengisi Pembangunan Nasional Indonesia

Pemuda Mempunyai Potensi yang Sangat Besar, namun Problematika yang dihadapinya juga sangat kompleks. Pandangan Tentang peran Pemuda dalam Mempersiapkan Generasi Nasional untuk Mengisi Pembangunan Nasional Indonesia

Masa depan suatu bangsaa terletak di tangan pemuda atau generasi mudanya sebab merekalah yang akan menggantikan generasi bangsa sebelum mereka dalam memimpin bangsa. Oleh karena itu, generasi muda perlu diberi bekal berupa ilmu pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan zaman.
Di pundak pemuda terdapat bermacam-macam harapan, terutama dari generasi lainnya. Hal ini karena mereka diharapkan dapat menjadi generasi penerus, yang akan melanjutkan perjuangan generasi sebelumnya, dan generasi yang harus mengisi dan melangsungkan estafet pembangunan secara terus-menerus.
Ini sesuai dengan firman Allah dalam ayat Al-Qur’an yang berarti :
إن الله لايغيرمابقوم حتى يغيروامابأنفسهم .……
 ‘’…….Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, sampai mereka sendiri yang berusaha untuk merubahnya……..’’{ Ar-Ra’du : 11 }
Tetapi pada generasi muda ini terdapat permasalahan yang sangat bervariasi, yang jika tidak dapat diatasi secara profesional, pemuda akan kehilangan fungsinya sebagai penerus pembangunan. Di samping menghadapi berbagai permasalahan, pemuda memiliki potensi yang melekat pada dirinya dan sangat penting artinya sebagai sumber daya manusia. Oleh karena itu, berbagai potensi positif yang dimiliki generasi muda ini harus digarap, dalam arti, dikembangkan dan dibina sehingga sesuai dengan asas, arah, dan tujuan pengembangan dan pembinaan generasi muda di dalam jalur-jalur pembinaan yang tepat serta senantiasa bertumpu pada strategi pencapaian tujuan nasional.
Tanpa ikut sertanya generasi muda, tujuan pembangunan ini sulit tercapai. Hal ini bukan saja karena pemuda merupakan lapisan masyarakat yang cukup besar, tetapi tanpa kegairahan dan kreativitas mereka, pembangunan jangka panjang dapat kehilangan keseimbangannya.
Apabila pemuda masa sekarang terpisah dari persoalan masyarakatnya, sulit terwujud pemimpin masa datang yang dapat memimpin bangsanya sendiri.
Dalam hal ini, pembinaan dan pengembangan generasi muda menyangkut dua pengertian pokok, yaitu :
·      Generasi muda sebagai subjek pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang telah memiliki bekal dan kemampuan serta landasan untuk mandiri dan keterlibatannya pun secara fungsional bersama potensi lainnya guna menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi bangsa.
·      Generasi muda sebagai objek pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan ke arah pertumbuh potensi dan kemampuan ke tingkat yang optimal dan belum dapat bersikap mandiri yang melibatkan secara fungsional.

No comments:

Post a Comment

tinggalkan komentar ^^

Kata Ganti ضمير

 Kata Ganti  ضمير جَمْعٌ ‏مُثَنَّى ‏مُفْرَدٌ ضمير هُمْ هُمَا هُوَ ...