WELCOME TO Hiel'S BLOGGER

Selasa, 03 Agustus 2021

Dhamir Munfashil

 Dhomir Munfashil (  ضَمِيْرٌ الْمُنْفَصِلُ )

Munfashil artinya terpisah. Maka dhomir munfashil adalah dhomir yang mandiri, Ia berdiri sebagai satu kata. 

Contohnya :


الترجمة

أمثلة

 

ضمير متصل

ضمير منفصل

الترجمة

Buku-nya (L)

كِتَابُهُ

ه

هو

Dia (1 lk)

Buku-nya (P)

كتابُهَا

ها

هي

Dia (1 pr)

Buku-mu (L)

كِتَابُكَ

كَ

أنْتَ

Kamu (1 lk)

Buku-mu (P)

كِتَابُكِ

كِ

أنْتِ

Kamu (1 pr)

Buku-ku

كِتَابِيْ

ـِ يْ

أنَا

Saya

Buku-kami

كِتَابُنَا

نَا

نَحْنُ

Kami/ Kita




Dhamir Munfashil Lil Mufrad




Rabu, 28 Juli 2021

Al-Islam kelas XII ( Toleransi )

Toleransi


A.   PENGERTIAN TOLERANSI
Toleransi adalah sikap tenggang rasa, menghargai, membiarkan, atau membolehkan orang lain untuk berpendapat atau berpendirian yang berbeda dengan dirinya.
Toleransi bahasa Arabnya adalah tasamuh yang artinya sama-sama berlaku baik, lemah lembut, dan saling pemaaf. Dalam pengertian umum, toleransi adalah sikap akhlak terpuji dalam pergaulan.

B.   TOLERANSI DALAM ISLAM
Toleransi dalam Islam bukan berarti bersikap sinkretis. Pemahaman yang sinkretis dalam toleransi beragama merupakan kesalahan dalam memahami arti tasâmuh yang berarti menghargai, yang dapat mengakibat-kan pencampuran antar yang hak dan yang batil (talbisu al-haq bi al-bâtil), karena sikap sinkretis adalah sikap yang menganggap semua agama sama. Sementara sikap toleransi dalam Islam adalah sikap menghargai dan menghormati keyakinan dan agama lain di luar Islam, bukan menyamakan atau mensederajatkannya dengan keyakinan Islam itu sendiri.
Sikap toleransi dalam Islam yang berhubungan dengan akidah sangat jelas yaitu ketika Allah SWT memerintahkan kepada Rasulullah SAW. untuk mengajak para Ahl al-Kitab untuk hanya menyembah dan tidak menye-kutukan Allah swt.

C.   AYAT AL-QUR’AN & HADITS YANG MENJELASKAN TOLERANSI

1.      Q. S. Al-Kafirun(109) : 1-6
Artinya :
1)     Katakanlah (Muhammad), “Wahai orang-orang kafir !
2)     Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah,
3)     dan kamu bukan penyembah apa yang kamu sembah,
4)     dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,
5)     dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah,
6)     Untukmu agamau, dan untukku agamaku.

Selasa, 27 Juli 2021

KEMUHAMMADIYAHAN KELAS X

KEMUHAMMADIYAHAN


      
A. Sepintas Pendidikan Kemuhammadiyahan
        K.H. Ahmad Dahlan adalah tokoh Islam yang sangat sadar bahwa pendidikan merupakan dasar bagi terjadinya sebuah perubahan dalam masyarakat. Tidak heran jika empat tahun sebelum organisasi Muhammadiyah didirikan, tepatnya tanggal 18 November 1908 atau 8 Dzulhijjah 1330 H, K.H.Ahmad Dahlan telah melakukan pembaharuan dalam bidang pendidikan. Beliau mendirikan sebuah sekolah formal di kampung Kauman, Yogyakarta, setelah jauh sebelumnya juga telah merintis sekolah non formal di tempat yang sama.
        Organisasi Muhammadiyah yang sejak didirikan telah menegaskan sebagai gerakan Islam sudah tentu membutuhkan sumber daya manusia yang tidak sedikit dan berkualitas untuk meraih tujuannya. Maksud dan tujuannya adalah menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam, sehingga terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Tujuan ini tidak mungkin dipikul sendirian oleh pemimpin organisasai, tetapi diperlukan keterlibatan anggota dan masyarakat. Sebab, sebagai sebuah perserikatan, setiap anggota organisasi mempunyai hak dan kewajiban bersama dalam Muhammadiyah, yaitu hak menyampaikan pendapat, hak suara, serta hak memilih dan dipilih.
        Perlu dijadikan catatan , tidak semua orang dapat bebas masuk di Muhammadiyah, kecuali mereka yang mau mendukung cita-cita organisasi dan memahami hakikat dan tujuannya. Karena itu, Muhammadiyah membutuhkan pendukung yang terdidik serta memiliki kemampuan menggerakkan organisasi. Urgensi inilah yang membuat Muhammadiyah harus mendidik dan mencetak generasi yang dapat diharapkan memikul tanggung jawab melanjutkan cita-cita Perserikatan.
         Adapun yang dimaksud dengan kader adalah mereka yang diharapkan dapat menjadi penggerak roda organisasi Muhammadiyah, memikirkan, menyusun program perjuangannya dimasa mendatang. Karena terkait erat dengan organisasi Muhammadiyah, tentu kader Muhammadiyah yang diharapkan adalah mereka yang benar-benar memahami hakikat Muhammadiyah. Pemahaman inilah yang selanjutnya akan diaplikasikan dalam berbagai program kegiatan untuk melaksanakan tugas amar ma'ruf nahi munkar. 
          Keterangan singkat tersebut dapat dikatakan bahwa yang dimaksud pendidikan kemuhammadiyahan adalah salah satu upaya pimpinan muhammadiyah untuk memberikan pengertian dan pemahaman kepada para kader dan anggotanya agar mengerti tujuan dan cita-cita muhammadiyah sebagai perserikatan. Pendidikan ini adalah upaya Muhammadiyah dalam mempersiapkan para pengganti yang diharapkan mampu memecahkan permasalahan yang dihadapi dimasa kini dan masa depan.

B. Maksud, Tujuan dan Ruang Lingkup Pendidikan Kemuhammadiyahan.
  Tujuan pendidikan Kemuhammadiyahan adalah memberi pengetahuan tentang organisasi Muhammadiyah sebagai gerakan Islam dan gerakan dakwah amar ma'ruf nahi munkar sesuai dengan ajaran Al-Qur'an dan Sunnah Nabi Muhammad SAW. 
      Selain itu, dengan mengetahui identitas  Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid (pembaharuan), diharapkan para siswa mampu menumbuhkan jiwa tajdid pada diri mereka. Semangat inilah yang diharapkan dapat membuat para siswa memahami ajaran islam sebagaimana yang diamalkan oleh Nabi Muhammad SAW, bukan hanya sekedar ikut-ikutan (taqlid).
      Pendidikan Kemuhammadiyahan setidak-yidaknya harus mencakup beberapa hal, yang berupa:
  1. Sejarah, kepribadian, keyakinan, dan cita-cita hidup,
  2. Organisasi,  
  3. Amal usaha,
  4. Peranan,
  5. Praktik berorganisasi.
       Maksud dari berbagai ruang lingkup tersebut adalah sebagai berikut:

1. Sejarah, kepribadian, keyakinan, dan cita-cita hidup.
     Yang dimaksud dengan sejarah dalam Pendidikan Kemuhammadiyahan adalah latar belakang berdirinya Muhammadiyah, sejarah perkembangannya serta perjalanan dari masa ke masa.

2. Organisasi
     Organisasi Muhammadiyah adalah gerakan Islam, gerakan dakwah amar ma'ruf nahi munkar, dan gerakan tajdid yang berakidah Islam dan bersumber pad Al-Qur'an dan Sunnah maqbullah (diterima). Oleh karena itu, Muhammadiyah adalah perserikatan yang menggerakan umat Islam untuk berjuang dan berjihad di jalan Allah.

3. Amal Usaha
    Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) adalah salah satu usaha dari usaha-usaha perserikatan untuk mencapai maksud dan tujuan Perserikatan yaitu menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam sehingga terwujud masyarakat utama yang diridhoi oleh Allah SWT.

4. Peranan
    Peran yang dapat dilakukan setiap anggota Muhammadiyah harus berdasarkan kesadaran akan kewajiban beribadah kepada Allah, yaitu berbuat ihsan dan islah kepada masyarakat dengan tujuan ibadah dengan ikhlas.


5. Praktik Berorganisasi
    Untuk menjadi pemimpin Muhammadiyah dan Islam di masa depan, para siswa Muhammadiyah sudah harus dikenalkan dengan organisasi sejak duduk di bangku sekolah. Seluruh sekolah Muhammadiyah sudah dibentuk Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM). IPM adalah organisasi ortonom dalam Muhammadiyah, yang disediakan bagi para siswa untuk berlatih berorganisasi, belajar bekerja sama dalam bermasyarakat yang dimulai dari sekolah.


C. Janji Pelajar Muhammadiyah
     Terkait dengan pendidikan siswa di Muhammadiyah, maka mereka harus mempunyai komitmen terhadap organisasi Muhammadiyah. Komitmen ini kemudian di formulasikan dalam senuah janji yang dinamakan "Janji Pelajar Muhammadiyah". Adapun isi janji tersebut adalah:
Kami pelajar Muhammadiyah berjanji:
  1. Menjunjung tinggi perintah agama Islam,
  2. Hormat dan patuh kepada orang tua dan guru,
  3. Bersih lahir batin da teguh hati,
  4. Rajin belajar, giat bekerja serta beramal,
  5. Berguna bagi masyarakat dan negara,
  6. sanggup melangsungkan amal usaha Muhammadiyah.


PERKEMBANGAN DUNIA ISLAM ABAD VII-XVIII

A. Kejayaan Dunia Islam di Baghdad dan Cordova 
  1. Pusat Kemajuan Baghdad
       Baghdad merupakan sebuah kota yan dikerjakan oleh lebih dari 100.000 pekerja, di bawah kepemimpinan Hajaj Ibn Arthal dan Amran Ibn Wadlah. Kota Baghdad dikelilingi oleh dua  kota satelit yaitu Rushafah dan Karakh. Baghdad sendiri didirikan pada masa Khalifah Abbasiyah kedua, Al-Manshur, tepatnya tahun 762 M. Di tengah kota terletak istana yang dikenal dengan Al-Qashr al- Zanabi yang berarti istana emas.
      Sejak awal berdirinya kota Baghdad sudah menjadi pusat peradaban dan kebangkitan ilmu pengetahuan dalam Islam. Al-Manshur memerintahkan agar buku-buku ilmiah dan kesusastraan dari bahasa asing seperti India, Yunani Lama, Latin, Persia, dan Syria, diterjemahkan ke dalam bahasa Arab.
        Puncak keemasan kota Baghdad terjadi pada zaman pemerintahan Khalifah Harun al-Rasyid (786-809 M) dan anaknya al-Ma'mun (813-833) M, dua khalifah yang terkenal sangat memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan. Khalifah al-Ma'mun sendiri memiliki perpustakaan yang bernama Bait al-Hikmah. Selain itu, terdapat akademik, sekolah tinggi dan sekolah biasa berdiri di Baghdad. Dua yang terpenting adalah perguruan tinggi Nizhamiyyah, yang didirikan pada abad ke-11 oleh Nizham al-Mulk,wazir dari Sultan Saljuk.
        Dalam bidang ekonomi, perkembangan Baghdad berjalan dengan pesat didukung tiga buah pelabuhan yang ramai dikunjungi pedagang internasional. Sedangkan dalam bidang sastra, Baghdad dikenal dengan hasil karyanya diantara karya sastra yang paling termasyur adalah Alf Lailah wa Lailah, kisah seribu satu malam.
         Semua kejayaan yang pernah dicapai BAghdad akhirnya hancur ketika tentara Mongol pada tahun 1258 M membumihanguskan kota ini. Tragisnya, pasukan Mongol meruntuhkan perpustakaan yang menjadi gudang ilmu pengetahuan serta membakar buku-buku yang terdapat di dalamnya.

        2. Pusat Kemajuan Cordova
            Spanyol dapat ditaklukkan oleh umat Islam pada zaman Dinasti Ummayah, tepatnya Khalifah al-Walid ( 705-715) M. Tiga pemimpin Islam yang menyebrangi selat antara Maroko dan benua Eropa adalah Thanif Ibn Malik, Thariq Ibn Zitad, dan Musa Ibn Nushair. Banyak prestasi yang dihasilakan dari kota ini, yang selanjutnya memepengaruhi dunia eropa sehingga mengalami kemajuan yang lebih kompleks dalam berbagai bidang.

         a. Kemajuan Intelektual
         Spanyol merupakan daerah subur yang membuat penghasilan ekonomiya menjadi tinggi dan menghasilkan pemikir. Masyarakat Spanyol terdiri dai komunitas Arab, al- Muwaladdun (peranakan), Barbar, Al-Shaqalibah, Yahudi, Kristen dan Muzareb.
         1.) Filsafat
              Tokoh utama pertama dalam sejarah fisafat Arab-Spanyol adalah Abu Bakar Muhammad Ibn al-Sayiq yang lebih dikenal dengan nama Ibn Bajjah. Ilmuan yang lahir di kota Zaragosa ini meninggal pada tahun 1138 M pada usia masih muda.
         2.) Sains
              Ilmu kedokteran, matematika, astronomi, kimia dan yang lai juga mengalami kemajuan serta melahirkan banyak ilmuan dalam berbagai bidang tersebut, Salah satunya adalah Ibnu Rusyd.
         3.) Fiqh
             Spanyol dikenal sebagai pengikut madzhab Maliki yang dikenalkan oleh Ziyad Ibn Abd al-Rahman dan selanjutnya dikembangkan oleh Ibn Yahya Qadhi. Ahli Fiqh  terkenal lainnya yaitu Abu Bakar Ibn al-Quthiyah, Munzir Ibn Sa'id al-Balutni dan Ibn Hazm.
         4.) Musik dan Kesenian
            Islam di Spanyol mencapai kecemerlangannya, yang ditandai dengan munculnya banyak tokoh dalam musik dan kesenian.
         5.) Bahasa dan Sastra
             Bahasa Arab menjadi bahasa administrasi dalam pemerintahan Islam di Spanyol. Hal itu diterima penduduk Islam dan non Islam dengan baik, bahkan penduduk Spanyol menomorduakan bahasa lokal mereka.

         b. Kemegahan Banguna Fisik
         Aspek ini mendapat perhatian besar umat Islam, dengan dibangunnya berbagai pusat perdagangan, jalan, pasar, sarana pertanian dan lainnya. Masjid Cordova dan Istana Alhambra adalah hasil karya arsitektur yang mengagumkan sampai sekarang. 

Minggu, 04 April 2021

Haji Dan Umrah

HAJI DAN UMRAH 

   PENGERTIAN HAJI

 

 Haji yang berasal dari kata الحج yang menurut bahasa artinya menyengaja atau menuju , sementara haji menurut istilah yaitu amal ibadah yang dilakukan dengan sengaja untuk mengunjungi ka’bah (kiblat umat muslim) yang ada di Makkah dengan niat beribadah kepada allah SWT pada waktu yang telah ditentukan menurut  syarat dan rukun yang telah ditentukan. Hukum melaksanakan ibadah haji wajib bagi setiap muslim yang mampu melaksanakannya.

Dasar hukum tentang kewjiban haji ditetapkan dalam QS.Ali Imran:97

 

. . . الله على الناس حج البيت من استطاع اليه سبيلاو . . .

 

Artinya: “  ... mengerjakan ibadah haji adalah kewajiban manusia terhadap allah SWT , yaitu bagi orang yang sanggup mengadakan perjalanan (ke Baitullah) ... “ (QS.Ali Imran :97)

 

Rasulullah juga bersabda bahwasannya “ dari umroh ke umroh itu menjadi penebus diantara keduanya dan tak ada balasan bagi haji mabrur kecuali syurga ” hadist ini diriwayatkan oler HR.Bukhori dan Muslim.

 

Ø  Macam macam haji

Terdapat tiga cara yaitu :

1.    Haji ifrad yaitu , pelaksanaan haji yang melaksanakan ibadah haji terlebih dahulu kemudian melaksanakan ibadah umroh.

 

2.    haji tamattu’ yaitu , pelaksanaan ibadah haji yang melaksanakan ibadah umroh terlebih dahulu kemudian melakukan ibadah haji .

 

3.    haji qiran yaitu , pelaksanaan ibadah haji yang saat melaksanakan ibadah dan umroh secara bersama sama.

 

Ø  Syarat syarat haji

            Syarat wajib haji

1.    Islam

2.    Baligh

3.    Berakal

4.    Merdeka

5.    Mampu menjalankan

 

            Syarat sah haji

1.    Mampu ONH

2.    Ada kendaraan untuk melakukan perjalanan

3.    Aman selama perjalanan dari pergi  hingga pulang

4.    Untuk wanita harus disertai muhrimnya

5.    Sehat jasmani dan rohani

6.    Memiliki pengetahuan tentang haji

 

Ø  Rukun haji

1.    Ihram

Ihram yaitu, berniat melaksanakan ibadah haji dengan mengenakan pakaian putih yang tak berjahit. Untuk laki-laki sebanyak 2 lembar dan untuk perempuan 3 lembar.

2.    Wukuf

Wukuf yaitu, berhenti di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah mulai dari waktu dhuhur sampai tebit fajar pada tanggal 10 Dzulhijjah.

3.    Tawaf ifadah

Tawaf ifadah yaitu, mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali dari Hajar Aswad.

4.    Sa’i

Sa’i yaitu, berlari – lari kecil dari bukit Shafa sampai di bukit Marwah.

5.    Tahalul

Tahalul yaitu, mencukur atau menggunting rambut kepala minimal tiga helai.

6.    Tertib

Tertib disini maksudnya yaitu mendahulukan sesuai dengan urutan ibadah haji.

 

Ø  Wajib haji

1.    Ihram dari miqat

Yaitu, memakai pakaian ihram yang dimulai dari batas waktu dan tempatnya yang telah ditentukan.

2.    Bermalam di Muzdhalifah

Yaitu, setelah wukuf di padang Arafah pada malam tanggal 10 Dzulhijjah lewat tengah malam.

3.    Bermalam di Mina

4.    Melempar jumrah aqabah

Ini dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah.

5.    Melempar  tiga jumrah (jumratul ula , jumratul wustha , jumratul aqabah) pada tanggal 11 – 13 Dzulhijjah

6.    Mukhramat

Yaitu, tidak melakukan hal–hal yang diharamkan selama melaksanakan ibadah haji.

7.     Tawaf wadak

Yaitu, tawaf perpisahan ketika akan meninggalkan kota Makkah.

 

Ø  Sunah sunah haji

1.    Mengejakan haji dengan cara ifrad

2.    Membaca talbiyah sejak ihram sampai dengan melontar jumrah aqabah pada tanggal 10 Dzulhijjah

3.    Berdo’a setelah membaca talbiah

Bacaan talbiyah:

 اللهم لبيك لبيك لا شريك لك لبيك ان الحمد والنعمة لك والملك لا شريك لكلبيك

4.     Tawaf qudum yaitu, tawaf yang dilakukan saat pertama kali datang di kota Makkah

5.    Memasuki Ka’bah (bila tidak bisa disunatkan untuk memasuki Hijr Ismail)

 

Ø   Miqat haji

            Miqat yaitu batasan yang telah ditentukan untuk melaksanakan ibadah haji.

1.    Miqat zamani

Yaitu batasan waktu yang telah ditentukan untuk melakukan ibadah haji.

2.    Miqat makani

Yaitu batas tempat yang telah ditentukanuntuk memulai melaksanakan ibadah haji.

 

Ø  Manfaat haji

1.    Dapat membuka wawasan, sehingga benar-benar memahami bahwa ajaran islam itu luas

2.    Timbulnya pemahaman akan anggunnya syi’ar islam , dengan begitu akan  timbul kesadaran untuk selalu mensyukuri nikmat Allah SWT(agar tidak timbul sifat  tamak dalam menjalani kehidupan)

3.    Semakin meningkatnya ubudiyah

4.    Dapat mengendalikan diri dari sikap qatar(rafas,fusuk, dan jidal)

5.    Melahirkan kematangan hidup dengan berbekal perenungan masa lalu (persiapan yang matang dan optimisme akan menyangsang masa depan yang cerah)

 

Ø  Larangan ibadah haji

1.    Larangan bagi jamaah pria

a)    memakai pakaian berjahit selama ihram

b)    memakai penutup kepala pada waktu ihram

c)    memakai sepatu yang menutupi mata kaki selama ihram

2.    Larangan bagi jamaah wanita

a)    Memakai tutup muka atau sarung tangan sewaktu ihram

3.    Larangan bagi jamaah pria dan wanita

a)    Memotong kuku

b)    Mencukur rambut kepala

c)    Memakai harum-haruman

d)    Memburu atau membunuh binatang

e)    Mengadakan perkawinan (menikah,menikahkan,ataupun meminang)

f)     Bercumbu dengan syahwat atau bersenggama

g)    Mencaci maki, mengumpat, bertengkar, dan berkata-kata kotor

h)   Menebang pohon

 

Pengertian umroh

Umroh berasal dari kata(المرة)yang artinya ziarah(الزيارة)menurut istilah umroh yaitu, mengunjungi Masjidil Haram semata mata untuk beribadah kepada allah SWT . dijelaskan dalam QS.AL-Baqarah:196

و اتموا الحج والعمرة لله   . . .

Artinya:”dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena allahSWT...”           

Keutamaan tentang umroh ditegaskan dalam hadist rasulullah “umrah sampai dengan umrah lagi adalah menghapus dosa-dosa yang telah terjadi diantaranya, dan haji mabrur tidak ada balasan baginya kecuali surga “ (HR.Bukhori)

Ibadah umrah merupakan rangkaian ibadah haji. Umrah juga disebut haji kecil, sedangkan haji disebut haji arafah. Ibadah haji harus dikerjakan pada bulan haji (syawal, dzulqaidah,sampai dengan 10 dzulhijjah, sedangkan umrah boleh dikerjakan sepanjang tahun.

 

Ø  Syarat wajib umroh

1.    Islam

2.    Baligh

3.    Berakal sehat

4.    Merdeka

5.    Istita’ah (mampu)

 

Ø  Syarat sah umroh

 

1.    Islam

2.    Baligh

3.    Berakal

4.    Merdeka

 

Ø  Rukun umrah

1.    ihram dengan niat umrah

2.    tawaf

3.    sa’i

4.    tahalul

5.    tertib

 

Ø  Wajib umrah

1.    Ihram dimula dari miqat(hanya miqat makani)

2.    meninggalkan semua hal yang dilarang selama ihram

 

Ø hikmah haji dan umrah

1.    dengan haji kaum muslimin dapat mengambil i’tibar dan pelajaran dari seginya, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya.

2.    Sebagai pertanda syi’ar agama Allah yang wajib diagungkannya

3.    Sebagai wujud penghambaan kepada Allah dan bukti ubadiyah kepadan-Nya

4.    Menjadikan Baitullah sebagai orientasi atau landasan dalam menjalani hidup

5.    Sebagai tamu Allah yang dipenuhi segala permohonannya

6.    Mendidik untuk evaluasi diri dan dapat menapak tilas perjalanan hidup

Inilah diantara hikmah disyariatkannya shalat di makam Ibrahim , dimana bukti sejarah atau simbol jejak kehidupan yang bermakna.

7.    Mendidik untuk berusaha tak mengenal lelah

Inlah diantara disyariatkannya sa’i(berusaha) , dimana dalam pelaksanaan sa’i ini terkenang kisah nabi Ibrahim dan keluarganya yang berusaha tak kenal  lelah untuk meraih air kehidupan.

8.    Mendidik agar mempersiapkan masa depan

Ketika mabit di Mudzdholifah jama’ah mengumpulkan batu kerikil untuk persiapan melontar jumroh di keesokan harinya. Disini diajarkan untuk meraih cita-cita serta tekad dalam bersiap-siap untk menghadapi tantangan.

 


LATIHAN SOAL AL-ISLAM KELAS X SAS GENAP

PILIHLAH JAWABAN YANG PALING BENAR ! 1 Kegiatan di bawah ini yang akan menimbulkan pelakunya bisa terbawa kepada perbuatan zina yaitu … a....